Cara Menulis Proposal

Cara Menulis Proposal 

Bagaimana Cara menulis proposal ???
Cara menulis proposal merupakan perencanaan pada suatu kegiatan di perlukan agar seseorang yang mempunyai ide kegiatan mampu memberikan penjabaran bagi masyarakat lain tentang bagaimana pelaksanaan kegiatan tersebut, selain itu juga dapat membatu kegiatan tersusun dengan baik sehingga dapat berjalan lancar.

Pada kesempatan ini saya Teori Sekolah berbagi informasi mengenai cara menulis proposal
Cara Menulis Proposal
Cara Menulis Proposal

Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

Pengertian Proposal Menurut Rieefky, proposal adalah  suatu bentuk rancangan  kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar, Pengertian proposal secara umum Proposal adalah rancangan kerja yang disusun secara sistematis dan terinci untuk suatu kegiatan yang ingin dilakukan, Selain sebagai rancangan suatu kegiatan proposal juga merupakan sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelasan sebuah tujuan kepada si pembaca (individu atau kelompok) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih mendetail. Diharapkan dari proposal tersebut dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada si pembaca, sehingga akhirnya memperoleh persamaan visi, misi, dan tujuan. Dengan ini sebelum ke tahap cara menulis proposal kita harus tahu jenis proposal.
Jenis – Jenis Proposal
Berdasarkan bentuknya, proposal dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu: proposal berbentuk formal, semiformal, dan nonformal. Untuk proposal formal terdapat tiga unsur yaitu :
1. Bagian pendahuluan, yang terdiri atas: sampul dan halaman judul, surat pengantar (kata pengantar), ikhtisar, daftar isi, dan pengesahan permohonan.
2. Isi proposal, terdiri atas: latar belakang, pembatasan masalah, tujuan, ruang lingkup, pemikiran dasar (anggapan dasar), metodologi, fasilitas, personalia (susunan panitia), keuntungan dan kerugian, waktu, dan biaya.
3. Bagian pelengkap penutup, yang berisi daftar pustaka, lampiran, tabel, dan sebagainya.
Sedangkan Proposal yang lain bentuknya bervariasi sesuai dengan kebutuhan proposal tersebut.
Syarat-syarat Menyusun Proposal
Syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam menyusun proposal yang baik sebagai berikut:
1      Sistematis
Artinya, proposal yang disusun harus berurutan secara sistematis menurut pola tertentu, dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks agar efektif dan efisien
2      Berencana
Artinya, proposal tersebut dibuat secara sengaja dan telah dipikirkan langkah-langkah pelaksanaanya, serta mengacu pada tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut.
3      Mengikuti konsep ilmiah
Artinya, pengerjaan proposal mulai dari awal hingga akhir harus sesuai dengan cara-cara atau metode ilmiah yang sudah ditentukan.
4      Jelas dan dapat dimengerti
Proposal yang dibuat harus jelas dan menggambarkan kegiatan yang kan dilaksanakan. Sehingga pihak penerima dapat mendapatkan gambaran jelas tentang kegiatan yang kan dilaksanakan tersebut.

Bagian – Bagian Propsal

1 Waktu dan Tempat Pelaksanaan, Harus dijelaskan waktu dan tempat dilaksanakannya kegiatan secara tepat dan jelas.
2 Sasaran Kegiatan, Sasaran kegiatan yang merupakan objek yang menjadi  sasaran dari pelaksanaan kegiatan yang diajukan. Contoh dalam suatu kegiatan “LKMM”, sasaran kegiatannya adalah mahasiswa.
3 Susunan Panitia, Susunan panitia merupakan pelaksana dari kegiatan yang diajukan. Harus disusun secara jelas dengan sistematika yang mudah dipahami.
4 Susunan Acara, Susunan acara merupakan pelaksanaan dari kegiatan yang diajukan. Harus disusun secara jelas dengan sistematika yang mudah  dipahami. Denngan minimal memuat unsur waktu, kegiatan, tempat dan penanggung jawab.
5 Rancangan Anggaran Biaya, Merupakan rancangan perkiraan pengeluaran yang akan digunakan dalam kegiatan yang diajukan. Format anggaran terdiri atas, nomor urut, kebutuhan seksi, volume, jumlah (contoh terlampir)
7  Penutup, Merupakan kata penutup dari proposal yang diajukan.Berisi kata harapan dan terima-kasih.
8  Pengesahan, Bagian pengesahan digabung dengan sub bab sebelumnya (tidak dibuat dalam lembar tersendiri) yang berisi :
1.  Tanggal pengesahan
2.  Instansi pelaksana kegiatan
3.  Pengesahan

Contoh Bentuk proposal

Cara Menulis Proposal
PROPOSAL KEGIATAN
KREATIFITAS TANPA BATAS
(Background cover / simbol)
Forum Komunikasi Remaja Beraksi
Tanah Kusir – Jakarta
 I. PENDAHULUAN
Kreativitas merupakan pola pikir yang memberikan sebuah sentuhan pemikiran baru di dalamnya. Sebagai hasil dari buah pikiran, kreatuvitas jarus selalu di asan untuk membuatnya peka…….. (menjelaskan landasan dibuatnya kegiatan tersebut)
II. TUJUAN
Sebagaimana landasan pemikiran tentang kreativitas pada landasan pemikiran tentang keativitas tersebut, kegiatan ini dimaksudkan untuk….
    (tujuan dibuatnya kegiatan)
    (tujuan dibuatnya kegiatan)
III. NAMA KEGIATAN
Nama Kegiatan ini adalah….(sebutkan nama kegiatan yang akan diadakan)
IV. BENTUK KEGIATAN
Jenis kegiatan yang akan dilakukan adalah sebagai berikut :
    Teater
    Cerpen
    Pembacaan puisi
    (kegiatan lain)
    (kegiatan lain)
V. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan Kreativitas tanpa batas ini akan kami laksanakan pada, (isikan tanggal dan hari pelaksanaan)
Tempat : (tempat pelaksanaan)
VI. SASARAN KEGIATAN
Sasaran dan target pada kegiatan ini adalah (yang akan mengikuti kegiatan tersebut)
VII. PELAKSANA KEGIATAN
Pelaksana kegiatan ini adalah utusan dari seluruh pengurus Forum Komunikasi Remaja Beraksi (tuliskan secara lengkap susunan kepanitiaan).
VIII. RENCANA ANGGARAN KEGIATAN
Untuk kegiatan ini, akan diperlukan dana sebagai berikut :
    (kebutuhan anggaran kegiatan)
    (kebutuhan anggaran kegiatan)
    …………….(sampai jumlah anggaran)
IX. PENUTUP
Sulitnya memberikan stimulasi kreatif sebenarnya bisa dilakukan dalam berbagai hal, salah satunya adalah dengan terlaksananya kegiatan ini (tulis harapan akan terselenggaranya kegiatan tersebut).
KREATIFITAS TANPA BATAS
Forum Komunikasi Remaja Beraksi
PANITIA PELAKSANA
Ketua                                                                                                 Sekretaris
(Tanda tangan)                                                                               (Tanda tangan)
(Nama jelas)                                                                                      (Nama jelas)
Demikian informasi mengenai Cara Menulis Proposal. Semoga dapat bermanfaat, Terimakasih
Cara Menulis Proposal | Angga Prasetya | 4.5