Contoh Paragraf Induktif

Pengertian Paragraf Induktif dan Contoh Paragraf Induktif

Jika kemarin admin Teori Sekolah telah banyak memberikan Contoh Karangan Eksposisi , Paragraf Argumentasi , Contoh Paragraf Deduktif mari kita simak paragraf berikut. Paragraf jenis ini memiliki kalimat topik pada bagian akhir paragraf. Hal itu berarti bahwa informasi dalam paragraf diawali dengan gagasan-gagasan pengembang dan diakhiri dengan gagasan dasar.

Paragraf Induktif , Contoh Paragraf Induktif , Pengertian Paragraf Induktif

Pengertian Paragraf Induktif adalah paragraf yang diawali dengan menyebutkan masalah-masalah khusus untuk memperoleh suatu kesimpulan umum yang mencakup seluruh peristiwa khusus sebelumnya. Dengan demikian paragraf ini ide pokok atau kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Ide Pokok atau Gagasan Utama adalah   gagasan   pokok   yang   ingin   disampaikan   oleh penulis  kepada  pembaca,  sedangkan  gagasan  pendukung  yaitu  gagasan yang mendukung gagasan utama.

Contoh Singkat Paragraf Induktif

Siswa yang rajin belajar dapat ditemukan dimana-mana, di dalam kota, di pinggir kota, dan di desa. Siswa yang berprestasi tinggi cukup banyak dan dapat ditemukan di mana-mana juga. Tidak sedikit di antara mereka yang memperhatikan dan peduli dengan keadaan lingkungan. Tampaknya, masa depan generasi penerus masih dapat diharapkan.

Demikian sedikit artikel tentang Contoh Paragraf Induktif yang mampu kami rangkum, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Contoh Paragraf Induktif | Angga Prasetya | 4.5