Contoh Pidato Kenakalan Remaja

Contoh Pidato Kenakalan Remaja

Pelampiasan masalah yang dihadapi oleh kalangan remaja yang tindakannya menyimpang. Menurut ahli sosiologi Kartono, Kenakalan Remaja atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah juvenile delinquency merupakan gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya, mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang. Sedangkan menurut Santrock “Kenakalan remaja merupakan kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal.”

Sosialisasi mengenai kenakalan remaja dapat dilakukan dengan baerbagai cara termasuk dalam forum pertemuan, yang berperan disini adalah orang berkesempatan memberikan pidato. pada kesempatan ini Teori Sekolah akan memberikan informasi penyampaian tentang kenakalan remaja melalui pidato.
Contoh Pidato Kenakalan Remaja

Contoh Pidato Kenakalan Remaja

Salam sejahtera untuk kita semua.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah Swt karena Ia masih memperkenankan kita semua berkumpul disini.Teman-teman dan para guru sekalian yang saya hormati . Kenakalan remaja di era modern ini sudah melebihi ambang batas. Banyak anak yang dibawah umur sudah mengenal Rokok, Narkoba, Freesexs, dan terlibat dalam tindakan kriminal lainya. Fakta ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi, kita dapat melihat brutalnya remaja jaman sekarang melalui media elektronik atau kita dapat melihat langsung dilingkungan sekitar kita.Teman-teman yang saya cintai dan guru-guru yang saya hormati. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya factor-faktor akan perubahan perilaku dikalangan remaja, sebagai contoh :
1. Kurangnya kasih saying Orang tua.
2. Kurangnya pengawasan dari orang tua.
3. Pergaulan dengan teman yang tidak sebaya.
4. Peran dari perkembangan iptek yang berdampak negatif.
5. Tidak adanya bimbingan kepribadian dari sekolah.
6. Tidak ada media penyalur bakat dan hobinya.
7. Kebebasan yang berlebihan .
8. Masalah yang dipendam.
Teman-teman yang saya cintai dan guru-guru yang saya hormati. Ada beberapa cara yang mungkin bisa dijadikan usaha untuk mengatasi dan mencegah kenakalan dikalangan remaja, Khususnya buat kita sendiri agar tidak terjerumus kedalmnya, diantaranya :
1. Perlunya pendidikan agama sejak dini yang rutin yang berguna untuk mempertebal keimanan kita sendiri.
2. Menerima nasihat-nasihat khususnya dari orang tua atau orang lain (guru, orang lain yang lebih berpengalaman atau teman-teman kita)
3. Jangan mencoba terpancing untuk mencoba hal-hal yang menurut agama dan hukum itu salah.
4. Mempunyai konsep hidup yang benar
5. Menyusun rencana untuk masa depan.
Tidak ada hal-hal yang terindah dalam hidup ini, selain kita mengisi dan menjalani kehidupan ini dengan hal-hal yang baik.Teman-teman yang saya cintai dan guru-guru yang saya hormati. Akhir kata dari saya, terima
kasih atas perhatianya.

Pencegahan dan Penanganan Kenakalan Remaja

Usaha-usaha pencegahan kenakalan remaja dapat dilakukan dengan cara moralitas maupun abolisionalistis. Cara moralistis menekankan pada upaya pembentukan dan pembinaan moral dan mental remaja, yang dapat dilakukan melalui penyuluhan kesadaran hukum bagi anak dan remaja, penanaman rasa tanggungjawab sosial, penanaman kesadaran beragama dan penyuluhan tentang sebab-musabab kenakalan remaja. Cara ablisionalitis dalam pencegahan kenakalan remaja dilakukan dengan mengurangi sebab-sebab yang mendorong anak remaja melakukan perbuatan delinkuen. Selain itu upaya pencegahan kenakalan remaja juga dapat dilakukan dengan cara berusaha mengerti pribadi anak dan minatnya serta memberikan cinta kasih yang simpatik. Kesimpulannya kenakalan remaja sebagai perilaku yang melanggar norma-norma yang ada dalam masyarakat, dan biasanya dilakukan oleh anak remaja yang berusia 16-18 tahun. Minimnya pengawasan orang tua beserta para guru dan masyarakat umum menyebabkan remaja melakukan perbuatan yang negatif. Jadi, saran yang baik buat anak remaja itu adalah Dibutuhkan pendekatan yang baik terhadap remaja  yang diawali dari keluarga, sekolah dan masyarakat umum, sehingga remaja tidak termotivasi untuk melakukan hal-hal yang negatif.
Demikian Contoh Pidato Kenakalan Remaja. Semoga Dapat Bermanfaat, Terimakasih.
Contoh Pidato Kenakalan Remaja | Angga Prasetya | 4.5