Contoh Pidato Memperingati Hari Pahlawan

Contoh Pidato Memperingati Hari Pahlawan – Peristiwa 10 November merupakan peristiwa sejarah perang antara Indonesia dan Belanda. Pada 1 Maret 1942, tentara Jepang mendarat di Pulau Jawa, dan tujuh hari kemudian, tepatnya, 8 Maret, pemerintah kolonial Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang. Sejak itu, Indonesia diduduki oleh Jepang.

Sejarah Pahlawan

Di Surabaya, dikibarkannya bendera Belanda, Merah-Putih-Biru, di Hotel Yamato, telah melahirkan Insiden Tunjungan, yang menyulut berkobarnya bentrokan-bentrokan bersenjata antara pasukan Inggris dengan badan-badan perjuangan yang dibentuk oleh rakyat. Bentrokan-bentrokan bersenjata dengan tentara Inggris di Surabaya, memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby, (pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur), pada 30 Oktober

Contoh Pidato Memperingati Hari Pahlawan

Contoh Pidato Memperingati Hari Pahlawan

Salam sejahtera bagi kita semua, semoga tuhan selalu melimpahkan berkat-Nya kepada kita semua.Kepada Bapak kepala sekolah yang say hormati,Kepada bapak dan ibu guru yang saya hormati,Serta teman-teman sekalian yang saya banggakan Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berkat dan Rahmat-Nya kita dapat memperingati hari pahlawan. Hari Pahlawan adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini marilah kita bersama-sama menongok sejarah perjuangan bangsa kita.Apakah kita semua tau, kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini adalah hasil perjuangan rakyat Indonesia. Mereka berjuang melawan penjajah dengan semangat rela berkorban yang tinggi. Mereka mempertaruhkan nyawa dan harta demi kemerdekaan bangsa kita. Sungguh luar biasa. Merekaberjuang tanpa pamrih . beruntunglah kita, pemerintah menetapkan 10 November sebagai hari pahlawan.kita diberi kesempatan untuk mengenang jasa-jasa pahlawan kita.Kemerdekaan bangsa indonesiatercapai karena rakyat Indonesia memiliki semangat perjuangan yang tinggi. Tanpa semangat perjuangan yang tinggi , kita yakin kemerdekaan bangsa ini tidak akan tercapai. Selamanya rakyat Indonesia akan hidup dibawah penindasan penjajah. Para penjajah negri kita bermaksud menguasai pemerintah dan mengeruk kekayaan negri kita. Berbagai cara mereka lakukan. Para penjajah itu memaksa rakyat Indonesia bekerja lewat kerja rodi dan romusa. Tanpa upah mereka harus bekerja keras. Bahkan tanpa makan yang cukup. Oleh karena itu, banyak rakyat Indonesia yang meninggal pada saat kerja rodi dan romusa Para hadirin sekalian, semangat para pejuang kita yang begitu besar patut kita teladani. Kita harus bersyukur kepada Tuhan. Kita dapat menghirup udara kemerdekaan. Berkat para pejuanglah, Negara ini terbebas dari penjajah. Oleh karena itu marilah kita senantiasa berdoa agar arwah mereka diterima disisi tuhan. Para hadirin sekalian! Semoga Negara ini selalu dikarunia kemerdekaan dan kesatuan. Kita semua selalu dibawah Lindungan-Nya. Sekian pidato dari saya, apabila apabila ada kesalahan ucapan atau apapun mohon dimaafkan.
Terima Kasih.
Demikian Sedikit Contoh Pidato Memperingati Hari Pahlawan. Semoga Bermanfaat Terimakasih.
Contoh Pidato Memperingati Hari Pahlawan | Angga Prasetya | 4.5