Contoh Pidato Singkat Di Sekolah

Contoh Pidato Singkat Di Sekolah

Ada banyak kesempatan untuk berpidato di lingkungan sekolah, baik untuk murid maupun guru. Salah satu kesempatan untuk berpidato tersebut misalnya saja tentang kebersihan sekolah. Pidato singkat sekolah mengenai topik ini juga menjadi salah satu hal yang bisa dicari oleh sebagian orang sebagai pandangan dasar yang akan disampaikan.
Mungkin sebagian dari Anda juga membutuhkan adanya contoh pidato serupa untuk mengajak orang-orang di sekitar bisa menjaga kebersihan. Terlebih, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Berikut ini adalah contoh pidato singkat sekolah mengenai menjaga kebersihan lingkungan.

Pembukaan Pidato Menjaga Kebersihan Lingkungan

Assalamualaikum wr.wb.

Selamat pagi. Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul bersama dalam upacara Senin. Pada kesempatan kali ini, saya menyampaikan terima kasih untuk rekan-rekan guru dan murid-murid yang saya banggakan.

Contoh pidato singkat di sekolah

Isi Pidato Menjaga Kebersihan Lingkungan

Hadirin sekalian, seperti yang kita tahu, lingkungan sekolah merupakan salah satu bagian dari kegiatan belajar mengajar kita sehari-hari. Sudah sepantasnya jika lingkungan sekolah kita jaga kebersihannya, demi kenyamanan bersama. Selain itu, lingkungan sekolah yang bersih juga akan bisa menghindarkan kita dari banyak macam penyakit.
Lingkungan sekolah yang bersih ini akan sangat bermanfaat untuk kita. Selain merasa nyaman dan bisa membantu menjaga kesehatan, kita juga akan bisa merasakan bahwa sekolah kita ternyata indah dan rapi dengan adanya sikap menjaga lingkungan. Hal ini tak hanya dilakukan oleh guru atau murid saja, melainkan keduanya yang merupakan warga sekolah.
Ada banyak bagian dari lingkungan sekolah yang wajib kita jaga kebersihannya. Mulai dari kelas, halaman, kamar mandi, sampai bagian terkecil sekali pun, misalnya saja meja atau kursi. Oleh karena itu, jika ada sampah yang ada di sana, ada baiknya kita mengambil dan membuangnya ke tempat sampah. Hal ini juga bisa memberikan pahala untuk kita.
Rekan-rekan dan anak-anak sekalian, menjaga kebersihan lingkungan juga bisa kita lakukan dengan banyak sekali kegiatan. Selain kerja bakti dan piket, salah satu hal lain yang lebih sederhana adalah dengan disiplin. Jangan sampai kita membuang sampah sembarangan, apa lagi sampai sengaja mengotori apa pun yang menjadi sarana dan prasarana sekolah.
Bagi anak-anak yang pernah melihat ada bekas alat tulis atau goresan di meja, kursi, dan dinding, hal tersebut mencerminkan kurangnya keinginan dan rasa memiliki untuk menjaga kebersihan lingkungan. Bukankah hal tersebut tampak kurang sedap dipandang? Bukankah agama mengajarkan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman?
Anak-anak sekalian, mungkin ada dari kita yang sempat menanyakan apa fungsi dari piket kelas yang diadakan. Mungkin bapak dan ibu guru kita juga rutin mengingatkan adanya piket kelas yang harus dilakukan sesuai jadwal yang ada. Itu semua adalah salah satu bentuk bahwa sekolah juga mengajarkan cara untuk menjaga kebersihan dan disiplin.
Maka, mari kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan demi kenyamanan kita sendiri. Dengan begitu, kita pun akan mendapat banyak hal positif dari perilaku ini.

Penutup Pidato Menjaga Kebersihan Lingkungan

Itulah sedikit bahasan dalam pidato mengenai kebersihan lingkungan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Tiada gading yang tak retak. Kesempurnaan hanya milik Tuhan semata. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih. Selamat pagi.

Wassalamualaikum wr. wb.

Itulah contoh pidato singkat di sekolah yang bisa menjadi pandangan atau contoh singkat untuk Anda. Anda bisa menggunakan garis besar serupa dalam menyampaikan pidato mengenai topik yang sama atau mengubahnya untuk topik lain.

Contoh Pidato Singkat Di Sekolah | Angga Prasetya | 4.5