Contoh Proposal Penelitian

Contoh Proposal Penelitian

Di dunia pendidikan, proposal penelitian adalah salah satu bagian penting yang harus ada dan pada umumnya menjadi satu syarat dilakukannya penelitian. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya contoh proposal penelitian yang bisa menunjang Anda untuk membuat hal yang sama.
Bagi Anda yang ingin membuat proposal penelitian dan masih merasa bingung dengan cara membuatnya, berikut ini adalah contoh dari hal tersebut secara umum. Anda bisa memodifikasi beberapa bagian seperlunya, terutama isi yang disesuaikan dengan tujuan penelitian.

Halaman Judul Proposal Penelitian

Anda bisa membuat judul yang singkat, padat, dan jelas. Gunakan variabel terkait dan lokasi dilakukannya penelitian pada judul. Di bawahnya, cantumkan jenis laporan, yaitu untuk usulan penelitian. Kemudian, sertakan logo perguruan tinggi, nama mahasiswa dan NIM, nama jurusan, program studi, nama perguruan tinggi, dan tahun diajukannya usulan penelitian.

Contoh proposal penelitian

Halaman Persetujuan Proposal Penelitian

Pada bagian ini, beberapa hal yang dimuat adalah judul usulan penelitian, nama dan NIP dosen pembimbing, tanda tangan, dan tanggal persetujuan usulan penelitian yang Anda ajukan.

Daftar Isi Proposal Penelitian

Pada bagian ini, buat daftar isi yang memuat bagian apa dan halaman berapa bagian itu dimuat. Mulai dari bab 1 hingga terakhir, yang sudah Anda sesuaikan dengan hasil pemberian halaman sesuai dengan penomoran, baik dengan angka maupun bilangan romawi (yang biasa diletakkan di bagian tertentu).

Bagian Isi Proposal Penelitian

Pada bagian isi, ada beberapa bab beserta sub bab yang memuat informasi tersendiri.

BAB I
Pendahuluan
1. Latar belakang masalah berisi apa dasar atau alasan yang membuat Anda ingin melakukan penelitian ini. Biasanya, merupakan urgensi dari penelitian, bisa berupa kebaruan, pembuktian teori, atau menguji kembali penelitian yang sudah ada dengan perbedaan dengan penelitian terdahulu.
2. Rumusan masalah berisi apa saja yang menjadi pertanyaan pokok dari penelitian.
3. Batasan masalah berisi batasan ruang lingkup penelitian yang akan dilakukan.
4. Tujuan merupakan jawaban dari rumusan masalah. Tujuan penelitian harus jelas, yang biasanya untuk mendeskripsikan atau menjelaskan suatu fenomena berdasar hasil penelitian.
5. Manfaat penelitian adalah apa saja yang merupakan manfaat dan bisa didapat beberapa pihak.

BAB II
ISI/TINJAUAN PUSTAKA
Bagian ini berisi teori yang digunakan dalam penelitian, sesuai variabel. Mulai dari pengertian, faktor, sampai indikator yang digunakan dalam tiap teori atau variabel. Sertakan juga penelitian terdahulu jika memang ada dan dibutuhkan.

BAB III
METODE PENELITIAN
Pada bagian ini, dijelaskan metode penelitian yang digunakan. Sertakan juga populasi dan sampel, cara pengambilan data, instrumen, tahapan, lokasi dan waktu pengambilan data, dan hasil uji coba.

BAB IV
ANALISIS DATA
Sertakan hasil analisis data sesuai kebutuhan penelitian dan hipotesis penelitian. Tiap metode penelitian memiliki analisis yang berbeda, sehingga Anda juga ada baiknya untuk mengetahui seperti apa dan apa saja analisis data yang digunakan pada uji yang dilakukan.

BAB V
DAFTAR RUJUKAN
Cantumkan sumber rujukan Anda, baik dari buku, internet, jurnal penelitian sebelumnya, dan beberapa sumber lain jika ada. Pastikan Anda menyantumkan daftar rujukan yang sesuai dengan bagian pada bab I, II, atau III dengan tata cara penulisan yang benar, sesuai dengan sumber apa yang Anda gunakan dalam rujukan tersebut.

LAMPIRAN
Sertakan juga lampiran jika memang dibutuhkan, baik itu berupa rincian data pada tabel, dokumentasi, surat persetujuan dilakukannya penelitian, atau yang lainnya.

Itulah gambaran singkat mengenai contoh proposal penelitian dari segi susunannya sebagai contoh. Anda bisa mencoba menggunakan garis besar di atas dalam menyusun proposal demi kepentingan penelitian.

Contoh Proposal Penelitian | Angga Prasetya | 4.5