Definisi Perpustakaan Digital

Definisi Perpustakaan Digital – Informasi terkini semakin mudah kita dapatkan seiring perkembangan teknologi di dunia, hampir tidak ada sekat ruang dan waktu bagi pencari dan sumber informasi. Dimanapun dan kapanpun kita butuh informasi, dengan menggunakan teknologi yang ada semua dapat di lakukan dengan mudah.
Perpustakaan sebagai pusat informasi juga tak mau kalah, banyak perpustakaan sekarang yang menawarkan informasi secara elektronik atau yang di kenal sebagai Perpustakaan Digital atau Digital Library. Dengan adanya hal itu memudahkan pencari informasi tak perlu datang langsung ke perpustakaan hanya dengan memuka website yang telah di buat oleh salah satu perpustakaan yang ada. Pada kesempatan ini Teori Sekolah ingin berbagi informasi mengenai perpustakaan digital.
Definisi Perpustakaan Digital

Definisi Perpustakaan Digital

Sejarah dan Pengertian Perpustakaan Digital
Sejarah singkat pengenalan terhadap Perpustakaan Digital yaitu : 1. Sebelum tahun 1960: Perpustakaan Tradisional 2. Pertengahan tahun 1960-1988 : perkembangan teknologi informasi dan jaringan yang dapat mengolah dokumen menjadi lebih mudah dan efisien dengan menggunakan perangkat lunak pengolah kata. Perpustakaan masih berkembang semi modern dengan menggunakan katalog indeks. Gambar : Perpustakaan semi Modern menuju Perpustakaan Digital 3. Tahun 1990 : berkembang teknologi internet yang mampu mengakses informasi dengan cepat. Katalog mengalami metamorfosis menjadi katalog elektronik yang lebih mudah dan lebih cepat dalam pencarian kembali koleksi yang disimpan di perpustakaan 4. Tahun 1991 : Proyek TULIP (The University Licensing Project), kerjasama beberapa universitas di Amerika dengan perusahaan Elsevier Science, meneliti tentang sistem pengumpulan dan penyimpanan data serta teknik pengaksesan perpustakaan digital. 5. September 1995 : Proyek NSF/ARPA/NASA merupakan lanjutan penelitian Proyek TULIP. Istilah perpustakaan digital digunakan untuk pertama kali dalam bidang pendigitalan dokumen dan pembangunan sistem untuk dokumen digital. Gambar : Contoh Perpustakaan Digital yang masih Sederhana disejumlah perpustakaan.

Definisi Perpustakaan Digital

 
Ada banyak definisi perpustakaan digital berdasarkan pendapat para ahli atau beberapa lembaga. Berikut beberapa definisi yang dirumuskan oleh lembaga/orang lain.
The Digital Library Initiatives menggambarkan perpustakaan digital sebagai lingkungan yang bersama-sama memberi koleksi, pelayanan, dan manusia untuk menunjang kreasi, diseminasi, penggunaan, dan pelestarian data, informasi, dan pengetahuan.
Saffady mendefinisikan perpustakaan digital secara luas sebagai koleksi informasi yang dapat diproses melalui komputer atau repositori untuk informasi-informasi semacam itu.
Millard mendefinisikannya sebagai perpustakaan yang berbeda dari sistem penelusuran informasi karena memiliki lebih banyak jenis media, menyediakan pelayanan dan fungsi tambahan, termasuk tahap lain dalam siklus informasi, dari pembuatan hingga penggunaan. Perpustakaan digital bisa dianggap sebagai institusi informasi dalam bentuk baru atau sebagai perluasan dari pelayanan perpustakaan yang sudah ada.
Dari definisi-definisi di atas dapat diambil sintesa bahwa perpustakaan digital adalah organisasi atau lingkungan yang mengelola koleksi informasi berupa tulisan, gambar, dan suara dalam bentuk elektronik dan memberikan pelayanan kepada pengguna melalui jaringan internet.

Definisi Perpustakaan Digital

Karakteristik Digital Library
Ini adalah karakteristik utama dari digital library:
1. Manajemen sumberdaya menggunakan komputer.
2. Komunikasi antara penyedia dengan pengguna informasi melalui kanal elektronik.
3. Pemenuhan kebutuhan pengguna informasi oleh staf melalui transaksi elektronik.
4. Penyimpanan, pengorganisasian, dan pengiriman informasi ke pengguna melalui kanal elektronik.
Output dan Proses Perpustakaan digital
Secara umum, outcome (keluaran) dasar DL yang dikatakan baik jika memenuhi unsur :
  • Speed, kecepatan dalam mengakses
  • Accuracy, keakuratan informasi yang diberikan
  • Comprehension, kemampuan untuk memberikan informasi secara menyeluruh dan lengkap
  • Low fatigue, kemampuan untuk mengurangi keletihan
  • Preference, kemampuan untuk memberikan pilihan informasi yang dibutuhkan

 

Proses utama yang diberikan oleh DL :
  • Navigation, kemampuan untuk mengarahkan informasi yang dibutuhkan jika user kebingungan dalam mencari informasi yang dibutuhkan.
  • Manipulation, kemampuan untuk memberikan kombinasi informasi atau modifikasi informasi yang dibutuhkan.

 

Peran interaksi manusia dengan computer sangat dibutuhkan untuk mendukung tercapainya outcome dan proses tersebut.
Demikian sedikit informasi mengenai Definisi Perpustakaan Digital. Semoga dapat bermanfaat, Terimakasih.

 

Definisi Perpustakaan Digital | Angga Prasetya | 4.5