Gerhana Bulan :: Gerhana Matahari

Pengertian Gerhana

Banyak dari kita yang tidak mengerti atau membedakan apa yang dimaksud Gerhana Bulan atau Gerhana Matahari. Namun, kita harus mengerti dahulu apa pengertian Gerhan tersebut. Gerhana adalah fenomena astronomi yang terjadi apabila sebuah benda angkasa bergerak ke dalam bayangan sebuah benda angkasa lain.

gerhana bulan dan gerhana matahari

Pengertian Gerhana Bulan

Gerhana ini terjadi di malam hari , dan macam-macam Gerhana ini adalah Gerhana bulan total , Gerhana bulan sebagian ,Gerhana bulan penumbra.
Pengertian Menurut Bayong  Tjasyono Gerhana  bulan  terjadi  jika  bumi  berada  antar bulan  dan  matahari pada waktu bulan purnama maka bayangan bumi  mengenai bulan. (2006:40-41)

Pengertian Gerhana Matahari

Gerhana Matahari terjadi di siang hari, dan macam-macam Gerhana ini adalah Gerhana total , Gerhana matahari sebagian , Gerhana matahari cincin , Gerhana matahari hibrida
Gerhana Matahari  akan terjadi, jika bulan terletak antara matahari dan bumi pada satu garis lurus, sehingga sinar matahari terhalang oleh bulan.

Perubahan Kenampakan Benda Langit

Gerhana merupakan salah satu perubahan kenampakan benda langit.
Menurut Junice  Van Cleave menyatakan  bahwa fase bulan  adalah  perubahan  bentuk  bagian  terang yang  terlihat  dari bumi  dan benda-benda  angkasa  seperti  sebuah  planet  atau  bulan yang  terjadi  berulang  secara  teratur. (2004:26)

Menurut Rj.  Soenarjo menyatakan bahwa suatu tempat di belahan bumi dikatakan dalam keadaan malam, jika belahan bumi itu membelakangi matahari dan suatu tempat di belahan bumi dikatakan dalam keadaan siang, jika belahan bumi itu menghadap ke matahari.RJ. Soenarjo  (1993:48)
menyatakan  bahwa  gerhana  bulan akan terjadi jika bumi terletak antara matahari dan bulan, sehingga
bulan  masuk  dalam  bayang-bayang bumi.  (1993:78)

Demikian sedikit ulasan Perbedaan Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari . Semoga bermanfaat, terima kasih.

Gerhana Bulan :: Gerhana Matahari | Angga Prasetya | 4.5