GLOBALISASI : Pengertian Globalisasi

GLOBALISASI : Pengertian Globalisasi – merupakan sebuah istilah yang muncul sekitar dua puluh tahun yang lalu, dan mulai begitu populer sebagai ideologi baru sekitar lima atau sepuluh tahun terakhir.Banyak yang masih belum paham bagaimana tentang globalisasi sehingga tak sedikit orang yang mengartikan berbeda – beda tentang Globalisasi itu sendiri.

 

Di sini penyempitan dunia dapat dipahami dalam konteks institusi modernitas dan intensifikasi kesadaran dunia dapat dipersepsikan refleksif dengan lebih baik secara budaya, Sebagian orang menafsirkan Globalisasi sebagai proses pengecilan dunia atau menjadikan dunia sebagaimana layaknya sebuah perkampungan kecil. Pada Kesempatan Ini saya Teori Sekolah ingin berbagi informasi mengenai hal tersebut.
Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi

Menurut asal katanya, kata “GLOBALISASI” diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Globalisasi adalah proses penyebaran unsur-unsur baru khususnya yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak maupun elektronik.
Ada pula yang mengatakan globalisasi yaitu sebagai berikut :
– hilangnya batas ruang dan waktu akibat kemajuan teknologi informasi.
– suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah.
         (Menurut Edison A. Jamli dkk.Kewarganegaraan.2005) Globalisasi pada hakikatnya adalah suatu proses dari gagasan yang dimunculkan, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yang akhirnya sampai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa-bangsa di seluruh dunia.

Pengertian Globalisasi

adalah suatu fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari proses manusia global itu. Kehadiran teknologi informasi dan teknologi komunikasi mempercepat akselerasi proses globalisasi ini. Pengertian lain dari globalisasi seperti yang dikatakan oleh Barker (2004) adalah bahwa globalisasi merupakan koneksi global ekonomi, sosial, budaya dan politik yang semakin mengarah ke berbagai arah di seluruh penjuru dunia dan merasuk ke dalam kesadaran kita
Demikian informasi mengenai Pengertian Globalisasi dari saya, semoga dapat bermanfaat. Sekian dan Terima kasih.
GLOBALISASI : Pengertian Globalisasi | Angga Prasetya | 4.5