Jenis Jenis Metode Penelitian

Jenis Jenis Metode Penelitian – Pengertian Metode Penelitian Margono (2004:1) => Ilmu tentang jalan yang ditempuh untuk memperoleh pemahaman tentang sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya.
Furchan (2005:41) => Strategi umum yang dianut dalam pengumpulan dan analisis data yang diperlukan, guna menjawab persoalan yang dihadapi
Ada beberapa macam jenis metode penelitian, yang dapat digunakan dalam sebuah kegiatan. pada kesempatan ini Teori Sekolah akan memberikan penjelasan mengenai beberapa diantaranya.
Jenis Jenis Metode Penelitian

Jenis Jenis Metode Penelitian

Berdasarkan pendekatan dibagi menjadi 2 yaitu :

1. Pendekatan Kualitatif

a. Metode Etnografis Proses penelitian ini biasanya dilaksanakan di lapangan dalam waktu yang cukup lama, dengan bentuk observasi dan wawancara alamiah dengan partisipan serta mengumpulkan dokumen atau benda-benda (artifak).
b. Metode Historis ialah metode yang bertujuan untuk merekonstruksi masa lalu secara sistematis dan obyektif dengan mengumpulkan , menilai, memverifikasi, dan mensintesis bukti untuk menetapkan fakta dan mencapai konklusi yang dapat dipertahankan dan dalam hubungan hipotesis tertentu.
c. Metode Fenomenologis penelitian ini ialah menemukan makna dari hal-hal yang esensi atau mendasar dari suatu pengalaman.Penelitian ini dilakukan melalui wawancara mendalam dari partisipan.
d. Metode Studi Kasus Penelitian ini diarahkan untuk menghimpun data, mengambil makna,dan memperoleh pemahaman dari kasus tersebut.
e. Metode Teori Dasar ialah merode yang digunakan dalam penelitian dasar yang diarahkan pada penemuan atau penguatan suatu teori.
f. Metode Studi Kritis ialah metode yang digunakan dalam penelitian yang berkembang dari teori kritis, feminis, ras dan pascamodern yang bertolak dari asumsi bahwa pengetahuan bebrsifat subjective.

2. Pendekatan Kuantitatif

a. Metode Deskriptif merupakan penelitian yang memberi uraian mengenai gejala social yang diteliti dengan mendeskripsikan tentang nilai variable bedasarkan indicator yang diteliti tanpa membuat hubungan dan perbandingan dengan sejumlah variable yang lain.
b. Metode Komparatif penelitian ini tidak ada manipulasi dari peneliti. Penelitian dilakukan secara alami, dengan mengumpulkan data dengan suatu instrument.
c. Metode Korelasional ialah metode yang mencari hubungan atau korelasi diantara variable-variabel yang dicari.
d. Metode Survey Proses penelitian survey merupakan suatu fenomena social dalam bidang pendidikan yang menarik perhatian peneliti.
f. Metode Ekpos Fakto merupakan penelitian yang meneliti hubungan sebab akibat yang tidak dimanipulasi oleh peneliti.
g. Metode Tindakan Penelitian ini difokuskan kepada perbaikan proses maupun peningkatan hasil kegiatan.
Demikian sedikit uraian mengenai Jenis Jenis Metode Penelitan. Semoga Bermanfaat, Terimakasih.
Jenis Jenis Metode Penelitian | Angga Prasetya | 4.5