Metode Pengumpulan Data

Pengertian Metode Pengumpulan Data

Sumber  data  penelitian  tindakan  ini  meliputi  siswa,  guru,  dokumen  hasil pembelajaran,  dan  proses  pembelajaran , pada kesempatan kali ini admin Teori Sekolah akan membahas Teknik Pengumpulan Data.

Metode Pengumpulan Data

Pengertian Instrumen pengumpulan data adalah alat bantu yang dipilih dan digunakan oleh peneliti dalam kegiatannya mengumpulkan agar kegiatan tersebut menjadi sistematis dan dipermudah olehnya.Instrumen pengumpulan data adalah cara-cara yang dapat digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data. Instumen sebagi alat bantu dalam menggunakan methode pengumpulan data merupakan sarana yang dapat diwujudkan dalam benda, misalnya angket ,perangkat tes, pedoman wawancara, pedoman observasi, skala dan sebaginya.

Metode Pengumpulan Data

Adapun metode atau teknik atau cara pengumpulan data antara lain :

  1. Metode Observasi , Observasi   adalah   suatu   cara   pengumpulan   data   dengan   pengamatan langsung. Observasi yang dilakukan pada penelitian ini adalah jenis pengamatan tak berstruktur,  yaitu  tidak  membatasi  pengamatan  tersebut  dengan  kerangka  kerja tertentu.Observasi  dilakukan oleh peneliti dengan cara   pengamatan   dan
    pencatatan  mengenai  pelaksanaan  pembelajaran di kelas yang dideskripsikan melalui lembar catatan lapangan.
  2. Wawancara , Wawancara  dilakukan  dengan  guru dan  siswa  saat di  luar jam pelajaran
    .Wawancara  dalam  penelitian  ini  dilakukan  untuk mengetahui  tanggapan  guru terhadap pelaksanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Wawancara dengan guru  dilakukan  secara  terstruktur  untuk  mengetahui  proses pembelajaran yang telah dilakukan.
  3. Tes ,Tes dalam penelitian ini digunakan untuk mengukur keterampilan siswa dalam
    menulis anekdot baik sebelum implementasi tindakan dan sesudah implementasi tindakan. Tes menulis anekdot diberikan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menulis anekdot melalui strategi genius learning.
  4. Dokumentasi Berupa foto-foto kegiatan pelaksanaan penelitian tindakan di kelas, dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran.

Demikian sedikit artikel tentang Teknik Pengumpulan Data atau Cara Pengumpulan Data atau Metode Pengumpulan Data yang mampu kami rangkum , semoga bermanfaat . Terima kasih.

Metode Pengumpulan Data | Angga Prasetya | 4.5