ORGANISASI : Pengertian Dan Definisi Organisasi

ORGANISASI : Pengertian Dan Definisi Organisasi – Manusia diciptakan berbeda – beda namun perbedaan yang ada tidak mendaji masalah untuk mereka bersatu. banyak cara yang mereka lakukan dalam menyatukan masyarakat salah satunya dengan Organisasi.
Kegaiatan berorganisasi ini terbukti mampu menyatukan dam memberikan dampak positif dari masyarakat. maka dari itu perlu ada pembahasan tentang bagaimana organisasi itu, dengan harapan mampu memberikan penjelasan kepada masyarakat yang menjadi anggota agar mampu mengikuti semua kegiatan dengan baik. Berikut blogger Teori Sekolah memberikan informasinya.

 

ORGANISASI : Pengertian Dan Definisi Organisasi

Definisi Organisasi

Organisasi adalah adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Menurut Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikan “organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.”
Dalam berorganisasi setiap individu dapat berinteraksi dengan semua struktur yang terkait baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung kepada organisasi yang mereka pilih. Agar dapat berinteraksi secara efektif setiap individu bisa berpartisipasi pada organisasi yang bersangkutan. Dengan berpartisipasi setiap individu dapat lebih mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan karena Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.

Unsur – Unsur Organisasi

Organisasi memiliki unsur diantara lain:
  • Proses kegiatan organisasi yang dilakukan oleh semua orang untuk mencapai tujuan (administrasi). Di dalam administrasi inilah adanya proses khusus yang disebut manajemen.
  • Personil atau anggota yang menggabungkan diri kedalam ikatan formal.
  • Visi, yaitu pandangan atau citra para anggota mengenai keadaan organisasinya di masa depan dan tujuan, yaiut apa yang mau dicapainya yang sesuai dengan visinya tadi.
  • Misi, atau tugas besar yang harus diemban oleh organisasi dan tugas atau fungsi yang dibagikan kepada anggota untuk dilaksanakan.
  • Wewenang, yang merupakan legitimasi hak bertindak tiap orang dalam melaksanakan tugas.
  • Struktur, yang menunjukkan kedudukan tiap orang didalam kelompoknya.
  • Hubungan, yang menjadi dasar kerjasama antar anggota.
  • Formalitas, yaitu aturan tretulis yang mengatur semua unsur agar menjadi resmi, sehingga organisasi menjadi formal.
  • Sumber energi, yang mendukung gerak kelompok atau organisasi, sehingga organisasi selalu dinamis. Tak ada organisasi yang statis, kecuali bagan strukturnya yang ditempel didinding kantor.

Masalah Dan Solusi

 

Masalah pertama dalam suatu organisasi itu terkadang tingkat control untuk memutuskan persoalan pengambilan keputusan tidak terkontrol dalam setiap anggota,maka dari itu terkadang pula hasilnya pun tidak baik.untuk solusi dalam permasalahan ini kita pecahkan dengan cara,mengurangi tingkat control untuk pengambilan keputusan dan dilakukan dengan cermat,agar proses pengambilan keputusan pun akan menjadi lebih sentralisasi.
Masalah kedua dalam suatu organisasi itu terkadang para anggota salah untuk meletakan pondasi di dalam berbagai fungsi dalam suatu organisasi,dan menyebabkan hancur suatu organisasi,untuk masalah seperti ini kami sudah memiliki solusinya untuk suatu organisasi,yaitu memberika perhatian kepada setiap anggota di dalam suatu organisasi agar lebih mengerti dalam meletakan pondasi di dalam suatu organisasi.
Masalah ketiga dalam suatu organisasi itu terkadang kekuasaan dari para anggota tidak menciptakan struktur yang sentralisasi,dan tidak sejalan kepada anggota,itulah yang tidak di pertanggung jawabkan di dalam suatu organisasi.Solusinya untuk masalah tersebut yaitu di dalam suatu oganisasi harus memiliki kekuasaan yang penting dalam setiap tugas dan fungsinya yang harus mereka pertanggung jawabkan di dalam suatu organisasi.
Masalah keempat dalam suatu organisasi itu terkadang interdepensi merupakan factor yang sangat sulit untuk di selesaikan dari berbagai kelompok di dalam organisasi,oleh karna itu kami memiliki solusinya  akan tetapi masalah tersebut hanya dapat di tempuh dengan konsep alat-alat penghubung di antara para anggota dalam suatu organisasi.
Demikian sedikit informasi mengenai ORGANISASI : Pengertian Dan Definisi Organisasi. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

 

ORGANISASI : Pengertian Dan Definisi Organisasi | Angga Prasetya | 4.5