Pengertian Artikel :: Artikel Ilmiah

Pengertian Artikel

Pada kesempatan kali ini admin Teori Sekolah akan membahas Pengertian artikel dan Artikel ilmiah , karena kemarin telah membahas Pengertian dan Definisi Karya Ilmah . Mari kita bahas pengertian artikel terlebih dahulu .
Pengertian Artikel adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku kumpulan artikel yang ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman yang telah disepakati atau ditetapkan.

Pengertian Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah dapat diangkat dari hasil penelitian lapangan, hasil pemikiran dan kajian pustaka, atau hasil pengembangan projek. Dari segi sistematika penulisan dan isinya, artikel dikelompokkan menjadi artikel: hasil penelitian dan non artikel penelitian .

http://teorisekolah.com/pengertian-artikel-artikel-ilmiah/
Artikel

Ciri-Ciri Artikel Ilmiah

1. Penelitian
Artikel penelitian adalah karya tulis ilmiah yg dirancang untuk dimuat dlm jurnal atau buku kumpulan artikel yg ditulis dg tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan.
Ciri-ciri :
-Hanya berisi hal-hal penting saja, mencakup temuan penelitian, pembahasan hasil/temuan penelitian, dan kesimpulan
-Sistematika penulisan terdiri atas bagian dan sub bagian, misalnya: kajian pustaka merupakan kajian awal dari artikel (tanpa judul subbag Kajian Pustaka.)
Dengan sistematika penulisannya : Judul , Nama Penulis, Sponsor, Abstrak dan kata kunci, Pendahuluan, Metode,Hasil, Pembahasan, Kesimpulan dan Saran., Daftar Rujukan/Dftar Pustaka .

2. Non Penelitian
Artikel non penelitian adalah mengacu kepada semua jenis artikel ilmiah yang bukan merupakan laporan hasil penelitian . Dengan ketentuan penulisan artikel non-penelitian sama dengan ketentuan menulis makalah pendek (panjangnya tidak lebih dari 20 halaman), kecuali dalam makalah pendek abstrak dan kata kunci tidak harus ada .
Sistematika penulisan artikel non-penelitian tidak menggunakan penomoran angka dan abjad. Artikel non penelitian berisi hal-hal yang sangat esensial saja dengan jumlah halaman antara 10-20 halaman. Unsur-unsur pokok yang harus ada dalam artikel non penelitian yaitu: Judul,  Nama Penulis, Abstrak dan  Kata kunci, Pendahuluan, Bagian inti, Penutup, Daftar Rujukan.

Demikian sedikit ulasan tentang Pengertian Artikel dan Artikel Ilmiah , semoga bermanfaat.
Terima kasih.

Pengertian Artikel :: Artikel Ilmiah | Angga Prasetya | 4.5