Pengertian Asam Urat Dan Penyebab Asam Urat

Pengertian Asam Urat Dan Penyebab Asam Urat

Jika kemarin kami admin Teori Sekolah telah membahas Penyakit Hepatitis , sebagai menambah wawasan kita , kami akan sedikit mengulas tentang Pengertian Asam urat

Pengertian Asam urat adalah zat hasil metabolisme purin dalam tubuh. Zat asam urat ini biasanya akan dikuluarkan oleh ginjal melalui urine dalam kondisi normal. Namun terjadinya penyakit asam urat yaiutu dalam kondisi tertentu, ginjal tidak mampu mengeluarkan zat asam urat secara seimbang sehingga terjadi kelebihan  dalam darah. Kelebihan zat asam urat ini akhirnya menumpuk dan tertimbun pada persendian-persendian dan tempat-lainnya termasuk di ginjal itu sendiri dalam bentuk kristal-kristal.

Asam Urat

Pengertian Asam Urat Dan Penyebab Asam Urat

Penumpukan kristal-kristal asam urat pada persendian inilah yang akhirnya menyebabkan persendian menjadi nyeri dan bengkak atau meradang. Adapun penumpukan kristal-kristal asam urat pada ginjal akan menyebabkan terjadinya batu ginjal.

Penyebab Asam Urat

Apa saja penyebab asam urat itu sendiri ,

1.Obesitas
Kegemukan atau kelebihan berat badan merupakan penyebab penyakit asam urat. Bukan hanya itu obesitas juga dapat memicu berbagai komplikasi penyakit lain.
Konsumsi minuman keras
Orang yang gemar minum minuman keras memiliki risiko yang tinggi terhadap penyakit asam urat.
2. Konsumsi makanan tinggi zat purin
Penyakit asam urat juga bisa disebabkan karena makanan. Salah satunya yaitu makanan yang tinggi akan kandungan zat purin seperti daging, ikan dan telur. Konsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi dan berminyak akan memicu serangan asam urat.
3. Akibat diet
Penyakit asam urat juga bisa dipicu akibat melakoni diet yang terlalu ketat. Terkadang akibat menjalani diet seseorang akan merasa kelaparan sehingga kadar asam urat pada darah akan meningkat secara drastis ketika protein tubuh dipecah menjadi energi.
4. Penyakit ginjal
Asam urat tinggi juga bisa dipicu karena adanya gangguan pada fungsi ginjal. Misalnya penyakit gagal ginjal kronis sehingga membuat ginjal gagal berfungsi sebagaimana mestinya.
5. Penyakit tertentu
Penyakit lain yang dapat memicu asam urat yaitu leukemia, psiorasis sehingga menyebabkan produksi asam urat.
6. Obat-obatan
Obat obatan yang kita konsumsi ternyata juga mempengaruhi produksi asam urat sehingga dalam jangka panjang cukup berbahaya. Terutama obat-obatan warung yang banyak mengandung zat kimia.

Jadi untuk itu mari kita jaga kesehatan dengan baik , dengan berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Semoga sedikit artikel tentang Pengertian Asam Urat Dan Penyebab Asam Urat dapat bermanfaat . Terima kasih.

Pengertian Asam Urat Dan Penyebab Asam Urat | Angga Prasetya | 4.5