Pengertian Bahasa :: Fungsi Bahasa

 

Pengertian Bahasa

Dalam sebuah kesidupan kita memiliki cara untuk menyampaikan maksud dan tujuan kepada seseorang disini kita akan membahas Pengertian Bahasa Dan Fungsi Bahasa
Jadi kita harus tau apa Pengertian Bahasa, Bahasa merupakan  suatu ungkapan yang mengandung maksud  untuk menyampaikan  sesuatu kepada  orang  lain. Sesuatu yang dimaksudkan oleh pembicara  bisa  dipahami dan dimengerti  oleh  pendengar atau lawan bicara
melalui bahasa yang diungkapkan.

Pengertian Bahasa Menurut Ahli

1. Menurut Suwarna bahasa  merupakan  alat  utama  untuk  berkomunikasi dalam   kehidupan  manusia, baik secara individu  maupun kolektif sosial.(2002: 4)
2. Menurut Aminuddin, mengartikan bahasa sebagai suatu sistem lambang arbitrer yang menggunakan suatu masyarakat untuk bekerja sama,berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri. (1985:28-29)
3. Menurut Jeans  Aitchison
“Language  is  patterned  system  of  arbitrary sound  signals,  characterized  by  structure dependence,  creativity,  displacement,duality,  and  cultural  transmission”,
bahasa  adalah  sistem  yang  terbentuk  dari isyarat  suara  yang  telah  disepakati,  yang  ditandai  dengan struktur  yang  saling tergantung, kreatifitas, penempatan, dualitas dan penyebaran.(2008  :  21)

 bahasa

Fungsi Bahasa

Fungsi Bahasa adalah dalam  arti  yang  paling  sederhana “fungsi”  dapat  dipandang  sebagai padanan  kata  “penggunaan”.
Menurut Nababan juga merumuskan menjadi empat,yaitu kebudayaan, kemasyarakatan, perseorangan, dan pendidikan. (1984 : 38-45).
Dengan demikian akan  terlihat  apabila  orang  menggunkan  bahasa lebih  dari  satu  bahasa,apabila bahasa itu digunakan maka akan mempunyai fungsi bahasa .

Demikian sedikit ulasan atau artikel Pengertian Bahasa Dan Fungsi Bahasa yang mampu kami rangkum.
Semoga bermanfaat, terima kasih.

Pengertian Bahasa :: Fungsi Bahasa | Angga Prasetya | 4.5