Pengertian Cerpen :: Unsur Cerpen

Pengertian Cerpen

Di lingkungan pembelajaran di sekolah, menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang harus  dikuasai siswa. Jadi Menulis Cerpen adalah kegiatan  menuangkan  gagasan,  ide  atau  pendapat  yang  akan disampaikan kepada orang lain (pembaca) melalui media bahasa tulis untuk dipahami
tepat seperti yang dimaksud oleh penulis.
Pengertian Cerpen Secara Umum adalah Cerpen atau shortstory meruapakan salah satu karya sastra yang sekaligus dibuat fiksi. Namun kita juga harus bisa mengenal Unsur cerpen juga, mari kita bahas satu persatu.

Pengertian Cerpen Menurut Ahli

– Pengertian Cerpen Menurut Sumardjo,  cerpen  adalah  seni  keterampilan  menyajikan
cerita.  Oleh  karena  itu,  seorang  penulis  harus  memiliki  ketangkasan  menulis  dan menyusun  cerita  yang  menarik.

 http://giripustaka.blogspot.com/2015/08/pengertian-cerpen-unsur-cerpen.html

– Pengertian Cerpen Menurut Edgar Alan Poe (via  Nurgiyantoro), menyatakan bahwa cerpen adalah sebuah cerita yang selesai dibaca dalam sekali duduk,  kira-kira  berkisar  antara  setengah  sampai  dua  jam,  suatu  hal  yang  kiranya tidak bisa dilakukan untuk sebuah novel.
– Pengertian Menurut Sayuti bahwa  cerpen  merupakan  karya  prosa fiksi  yang  dapat  selesai  dibaca  dalam  sekali  duduk  dan  ceritanya  cukup  dapat  dapat membangkitkan  efek  tertentu  dalam  diri  pembaca. Dengan  kata  lain,  sebuah  kesan tunggal  dapat  diperoleh  dalam  sebuah  cerpen  dalam  sekali  baca.

Unsur-Unsur Cerpen

Unsur Cerpen / Unsur – Unsur Cerpen
Unsur – Unsur Cerpen terdiri atas 2 kategori :
1. Unsur-Unsur Fakta Cerita
a. Tokoh
Tokoh  berkaitan  erat  dengan  penokohan,yaitu cara menggambarkan tokoh dalam sebuah cerita fiksi.
b. Alur / Plot
Alur  merupakan  rangkaian  peristiwa-peristiwa dalam sebuah cerita.
c. Latar
Latar  dalam  cerpen  dikategorikan  dalam  tiga  bagian  yaitu  latar tempat, latar waktu,  dan  latar  sosial  tempat  terjadinya  peristiwa  yang  diceritakan.

2. Unsur-Unsur Sarana Cerita
a. Judul
Judul  merupakan daya  tarik  utama  bagi  pembaca  untuk  membaca  sebuah karya sastra terutama cerpen.
b. Sudut Pandang
Sudut   pandang   atau point   of   view mempersoalkan   tentang   siapa   yang menceritakan  atau  dari  posisi  mana  (siapa)  peristiwa  atau  tindakan  itu  dilihat  dalam sebuah  karya  fiksi.
d. Gaya dan Nada
e. Tema
Tema  adalah  makna  cerita,  atau  dasar  cerita.  Tema  dalam  fiksi  biasanya
berpangkal  pada  motif  tokoh.

Dengan demikian kita dapat mengetahuai arti dari sebuah cerpen dan unsur – Unsur Cerpen apa saja yang terkandung dalam cepen. Semoga sedikit ulasan artikel Pengertian Cerpen :: Unsur Cerpen dapat bermanfaat.
Terima kasih.

Pengertian Cerpen :: Unsur Cerpen | Angga Prasetya | 4.5