Pengertian Dan Definisi Karya Ilmiah

Pengertian Dan Definisi Karya Ilmiah – Dalam dunia pendidikan karya ilmiah bukan suatu hal ang asing lagi, apa lagi bagi seorang mahasiswa hampir setiap saat di latih membuat karya ilmiah, berupa bentuk laporan, makalah, praktikum dll.
Membuat laporan memang gampang- gampang susah, bagi pemula yang baru pertama kali mendapat tugas memang terasa membingungkan karena terdapat aturan yang mengatur dalam pembuatan suatu karya ilmiah. pada kesempatan ini saya Teori Sekolah ingin berbagi informasi mengenai karya ilmiah.

 

Pengertian Dan Definisi Karya Ilmiah

Pengertian dan Definisi Karya Ilmiah

Menurut Brotowidjoyo karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodolog penulisan yang baik dan benar. Selain itu Karya ilmiah (bahasa Inggris: scientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Pengertian dan Definisi Karya Ilmiah

Jenis – Jenis Karya Ilmiah :
1) Makalah, Menurut bahasa, makalah berasal dari bahasa Arab yang berarti karangan. Makalah adalah karya tulis (ilmiah) paling sederhana.
2) Kertas Kerja, adalah makalah yang memiliki tingkat analisis lebih serius, biasanya disajikan dalam lokakarya.
3) Skripsi, adalah karya tulis ilmiah yang mengemukakan pendapat penulis berdasar pendapat orang lain dimana karya ilmiah yang ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan, didukung data dan fakta empiris-objektif, baik berdasarkan penelitian langsung observasi lapangan atau penelitian di laboratorium, atau studi kepustakaan dan dipertahankan di depan sidang ujian (munaqasyah) dalam rangka penyelesaian studi tingkat Strata Satu (S1) untuk memperoleh gelar Sarjana.
4) Tesis, adalah karya ilmiah yang ditulis dalam rangka penyelesaian studi pada tingkat program Strata Dua (S2), yang diajukan untuk dinilai oleh tim penguji guna memperoleh gelar Magister.
5) Disertasi, adalah karya ilmiah yang ditulis dalam rangka penyelesaian studi pada tingkat Strata Tiga (S3) yang dipertahankan di depan sidang ujian promosi untuk memperoleh gelar Doktor (Dr.)
6) Artikel, adalah sebuah karangan prosa yang dimuat dalam media massa, yang membahas isu tertentu, persoalan, atau kasus yang berkembang dalam masyarakat secara lugas.
7) Esai, adalah ekspresi tertulis dari opini penulisnya. Sebuah esai akan makin baik jika penulisnya dapat menggabungkan fakta dengan imajinasi, pengetahuan dengan perasaan, tanpa mengedepankan salah satunya.
8) Opini, adalah sebuah kepercayaan yang bukan berdasarkan pada keyakinan yang mutlak atau pengetahuan sahih, namun pada sesuatu yang nampaknya benar, valid atau mungkin yang ada dalam pikiran seseorang apa yang dipikirkan seseorang penilaian.
9) Fiksi, adalah isinya yang berupa kisah rekaan.

Pengertian dan Definisi Karya Ilmiah

Sistematika Penulisan Karya Ilmiah :
Bagian Pembuka
   -Cover
   -Halaman judul.
   -Halaman pengesahan.
   -Abstraksi
   -Kata pengantar.
   -Daftar isi.
   -Ringkasan isi.
Bagian Isi
Pendahuluan
    -Latar belakang masalah.
    -Perumusan masalah.
    -Pembahasan/pembatasan masalah.
    -Tujuan penelitian.
    -Manfaat penelitian.
Kajian teori atau tinjauan kepustakaan
    -Pembahasan teori
    -Kerangka pemikiran dan argumentasi keilmuan
    -Pengajuan hipotesis
Metodologi penelitian
    -Waktu dan tempat penelitian.
    -Metode dan rancangan penelitian
    -Populasi dan sampel.
    -Instrumen penelitian.
    -Pengumpulan data dan analisis data.
Hasil Penelitian
    -Jabaran varibel penelitian.
    -Hasil penelitian.
    -Pengajuan hipotesis.
    -Diskusi penelitian, mengungkapkan pandangan teoritis tentang hasil yang didapatnya.
Bagian penunjang
    -Daftar pustaka.
    -Lampiran- lampiran antara lain instrumen penelitian.
    -Daftar Tabel
Demikian sedikit informasi mengenai Pengertian dan Definisi Karya Tulis.Semoga bermanfaat, Terimakasih

 

Pengertian Dan Definisi Karya Ilmiah | Angga Prasetya | 4.5