Pengertian DBD :: Gejala Demam Berdarah

Pengertian DBD ( Demam Berdarah Dengue ) dan Gejala Demam Berdarah ( DBD )

Pengertian DBD – Kali ini admin Teori Sekolah akan membahas materi IPA khususnya dalam dunia kesehatan selain Chiropractic , Asam Urat dan Hepatitis , mari kita simak Pengertian DBD dan Gejala Demam Berdarah berikut . Demam Berdarah Dengue banyak ditemukan di daerah tropis dan sub-tropis. Data dari seluruh dunia menunjukkan Asia menempati urutan pertama dalam jumlah penderita DBD setiap tahunnya. Sementara itu, terhitung sejak tahun 1968 hingga tahun 2009, World Health Organization (WHO) mencatat negara Indonesia sebagai negara dengan kasus DBD tertinggi di Asia Tenggara.

Pengertian BDB , Gejala DBD

Pengertian DBD

Pengertian DBD – Penyakit ini disebabkan oleh virus Dengue dari genus Flavivirus, famili Flaviviridae. DBD ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk Aedes yang terinfeksi virus Dengue. Virus Dengue penyebab Demam Dengue (DD), Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Dengue
Shock Syndrome (DSS) termasuk dalam kelompok B Arthropod Virus (Arbovirosis) yang sekarang dikenal sebagai genus Flavivirus, famili Flaviviride, dan mempunyai 4 jenis serotipe, yaitu: Den-1, Den-2, Den-3, Den-4.

Pengertian DBD – Pengertian DBD ( Demam Berdarah Dengue ) adalah adalah penyakit akut yang disebabkan oleh virus dengue, yang ditularkan oleh nyamuk.

Gejala Demam Berdarah atau Gejala DBD

Gejala Demam Berdarah – Gejala Demam berdarah secara klinis ditandai dengan serangan demam tinggi yang mendadak, sakit kepala hebat, rasa sakit di belakang mata, nyeri otot dan sendi, hilangnya nafsu makan, mual dan ruam. Beberapa orang yang terinfeksi mungkin tidak menunjukkan
gejala yang terlihat, dan beberapa mungkin hanya menunjukkan gejala ringan, misalnya anak kecil mungkin menunjukkan penyakit demam tidak spesifik yang disertai dengan ruam kulit.
Gejala pada infeksi pertama biasanya ringan. Setelah pulih, daya tahan tubuh terhadap varietas virus dengue akan berkembang namun infeksi berikutnya dengan varietas virus dengue lainnya mungkin berakibat pada demam berdarah dengue berat. Demam berdarah dengue berat adalah demam berdarah komplikasi yang parah dan berpotensi fatal.Tanda-tanda awalnya, termasuk demam tinggi, selama 2 –7 hari dan dapat meningkat hingga 40 –41oC, wajah kemerahan dan gejala lainnya yang menyertai demam berdarah.. Berikutnya, dapat muncul kecenderungan pendarahan seperti memar, hidung dan gusi berdarah, dan juga pendarahan dalam tubuh. Pada kasus yang sangat parah, mungkin berlanjut pada kegagalan saluran pernapasan, shock
dan kematian.Setelah terinfeksi oleh salah satu dari empat jenis virus, tubuh akan memiliki
kekebalan terhadap virus itu. Namun, tidak ada perlindungan efektif yang menjamin kekebalan terhadap 3 jenis virus lainnya.

Demikian sedikit artikel tentang Pengertian DBD ( Demam Berdarah Dengue ) dan Gejala Demam Berdarah , semoga bermanfaat . Terima kasih.

 

Pengertian DBD :: Gejala Demam Berdarah | Angga Prasetya | 4.5