Pengertian Dongeng

Pengertian Dongeng Secara Umum

Jika kemarin kami sudah membahas tentang pengertian Cerpen , Pengertian Puisi , Pengertian Makalah , Pengertian Artikel. Mari kita simak tentang Pengertian Dongeng tersebut.
Dongeng adalah cerita rakyat yang isi ceritanya tidak benar-benar terjadi dan hanya ada dalam dunia khayal dan fungsinya sebagai hiburan masyarakat dan terdapat ajaran moral di dalamnya.

Pengertian Dongeng

Pengertian Dongeng Menurut Ahli

1. Pengertian Dongeng Menurut Ahli DS mengungkapkan bahwa cerita-cerita dalam dongeng semata-mata hanyalah khayalan. Walaupun hanya cerita khayalan atau cerita bohongan, tetapi cerita dalam dongeng mengandung nilai-nilai luhur.
2. Pengertian Dongeng Menurut Ahli Kurniawan Dongeng adalah cerita prosa rakyat yang tidak dianggap benar-benar terjadi. Cerita ini ditujukan hanya untuk hiburan semata.
3. Pengertian Menurut Ahli Nurgiyantoro,dongeng merupakan salah satucerita rakyat(folktale).Dongeng berasal dari berbagai kelompok etnis,masyarakat, atau daerah tertentu di berbagai belahan dunia, baik yang berasal
dari tradisi lisan maupun yang sejak semula diciptakan secara tertulis.Contoh dongeng yaitu Kancil Mencuri Timun,
Asal-usul Gunung Tangkuban Perahu,timun emas, dan sebagainya.
4. Pengertian Menurut Ahli Danandjaja,Dongeng adalah cerita rakyat yang tidak dianggap benar-benar terjadi
oleh yang punya cerita dan dongeng tidak terikat oleh waktu maupun tempat. Dongeng diceritakan terutama untuk hiburan, walaupun banyak juga dongeng yang melukiskan kebenaran, berisi ajaran moral.

Demikian sedikit artikel tentang Pengertian Dongeng yang mampu kami rangkum, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Pengertian Dongeng | Angga Prasetya | 4.5