Pengertian Hepatitis Dan Jenis Hepatitis

Pengertian Hepatitis Dan Jenis Hepatitis

Pengertian Hepatitis – Kali ini admin Teori Sekolah akan menkaji seputar dunia kesehatan tentang pengertian Hepatitis , yang mungkin untuk membantu materi anak sekolah atau untuk wawasan kita,mari kita simak Pengertian Hepatitis dan Jenis Hepatitis .

Pngertian Hepatitis

Pengertian Hepatitis – Pengertian Hepatitis adalah peradangan hati yang disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor penyebab penyakit hepatitis ini antara lain adalah infeksi virus, gangguan metabolisme, konsumsi alkohol, penyakit autoimun, hasil komplikasi dari penyakit lain, efek samping dari konsumsi obat-obatan maupun kehadiran parasit dan bakteri dalam hati. Dari sekian banyak faktor, virus menduduki peringkat pertama sebagai penyebab paling banyak penyakit hepatitis.

Jenis Hepatitis Dalam Berbagai Pengertian Hepatitis A , B ,C , D ,E

Jenis penyakit hepatitis atau Jenis Hepatitis meliputi :

  1. Virus hepatitis A (HAV)
    Jenis Pengertian Hepatitis ini ada di dalam tinja orang yang terinfeksi dan paling sering ditularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi. Kontak seksual juga dapat menjadi media penyebar HAV. Dalam banyak kasus ringan, penderita bisa pulih dan kemudian kebal terhadap HAV.
    Namun, infeksi HAV  yang parah daapat mengancam kehidupan. Ada banyak orang di daerah dengan sanitasi buruk, terinfeksi virus ini. Saat ini, sudah tersedia vaksin yang aman dan efektif untuk mencegah HAV.  Anda bisa menanyakan kepada dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkannya.
  2. Virus hepatitis B (HBV)
    Jenis Pengertian Hepatitis ini ditularkan melalui kontak dengan darah yang terinfeksi melalui transfusi  atau produk darah yang terkena virus,  alat medis dan jarum suntik narkoba dan tato yang terkontaminasi, air mani, serta cairan tubuh lainnya.
    HBV juga dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya saat proses persalinan dan  dari anggota keluarga yang terinfeksi ke  bayi atau anak usia dini. Vaksin yang aman dan efektif juga sudah tersedia untuk mencegah HBV.
  3. Virus hepatitis C (HCV)
    Sedangkan jenis hepatitis c, sebagian besar virus hepatitis C (HCV)  ditularkan melalui paparan darah. Hal ini bisa terjadi melalui transfusi darah dan produk darah  yang terkontaminasi, jarum  atau suntikan yang terkontaminasi.
    Transmisi seksual juga bisa menyebarkan HCV tapi jarang terjadi. Sayangnya, belum ada vaksin untuk mencegah HCV, pengadaan vaksin masih dalam tahap penelitian.
  4. Virus hepatitis D (HDV)
    Jenis Hepatitis ini Infeksi virus hepatitis D (HDV) hanya terjadi pada mereka yang terinfeksi HBV. Infeksi ganda HDV dan HBV dapat mengakibatkan penyakit yang lebih serius.  Tapi, vaksin hepatitis B juga memberikan perlindungan terhadap HDV.
  5. Virus hepatitis E (HEV)
    Jenis Hepatitis ini Virus hepatitis E (HEV) sebagian besar ditularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi. HEV merupakan penyebab umum dari wabah hepatitis di negara-negara berkembang.
    untuk jenis hepatitis ini Vaksin yang aman dan efektif untuk mencegah infeksi HEV telah dikembangkan, tetapi tidak banyak tersedia.

Demikian sedikit artikel atau makalah tentang Pengertian Hepatitis Dan Jenis Hepatitis   yang mampu kami rangkum , semoga bermanfaat.

Pengertian Hepatitis Dan Jenis Hepatitis | Angga Prasetya | 4.5