Pengertian Majas :: Jenis Majas

Pengertian Majas Secara Umum

Majas atau gaya bahasa sering digunakan dalam karya sastra untuk memper indah karya sastra tersebut agar lebih hidup . Gaya bahasa dipakai dalam karya sastra puisi maupun prosa.
Pengertian Majas adalah bahasa kias, bahasa yang dipergunakan untuk menciptakan efek tertentu. Jadi majas digunakan untuk menimbulkan kesan imajinatif bagi penyimak atau pembicaranya.

Jenis Majas , Pengertian Majas
Pengertian Majas dan Jenis Majas

Pengertian Majas Menurut Ahli

1. Pengertian Majas Menurut Ahli Tarigan  gaya  bahasa  merupakan  bentuk  retorik,  yaitu penggunaan   kata-kata   dalam   berbicara   dan   menulis   untuk   meyakinkan   atau mempengaruhi  penyimak  dan pembaca.
2. Pengertian Majas Menurut Ahli Aminuddin mengemukakan  bahwa style  atau gaya  bahasa  merupakan  cara  yang  digunakan  oleh  pengarang  dalam  memeparkan gagasannya  sesuai  dengan  tujuan  dan  efek  yang  ingin  dicapai
3. Menurut Ahli Luxemburg  dkk berpendapat bahwa  gaya  bahasa  merupakan sesuatu yang memberikan ciri khas pada sebuah teks. Teks pada giliran tertentu dapat berdiri semacam individu yang berbeda dengan individu yang lain.

Jenis Majas

Jenis – jenis majas antara lain :
1. Jenis Majas Simile
Simile  adalah  perbandingan  antara  dua  hal  yang  berbeda  tetapi  sengaja dianggap sama atau menyamakan satu hal dengan hal lain denganmempergunakan kata-kata  pembanding  seperti:  bagai,  sebagai,  bak,  seperti,semisal,  seumpama,laksana,  sepantun, penaka,  se,  dan  kata-kata pembanding yang  lain.
2. Jenis Majas Metafora
Metafora adalah majasyang menyamakan satu hal yang sama atau seharga dengan hal lain, yang sesungguhnya tidak sama tetapi tidak mempergunakan kata-kata  pembanding.
3. Jenis Majas Personifikasi
Personifikasi adalah majas yang melekatkan sifat-sifat insani kepada barang yang tidak bernyawa atau disebut penginsanian, yaitu menyamakan benda dengan manusia,benda-benda mati dibuat dapat berbuat, berpikir, dan sebagainya seperti manusia.
4. Majas Paradoks
Paradoks  adalah  majas  yang  menggunakan  dua  perkataan  yang bertentangan
5. Majas Hiperbola
Hiperbola  adalah  majas  yang  mengandung pernyataan  yang  berlebih lebihan,  baik  dalam  jumlah,  ukuran  maupun  sifatnya.

Demikian sedikit makalah tentang Pengertian Majas dan Jenis – Jenis Majas yang dapat kami rangkum. Semoga bermanfaat , terima kasih.
Untuk Contoh Majas Personifikasi bisa di Teori Sekolah

Pengertian Majas :: Jenis Majas | Angga Prasetya | 4.5