Pengertian Makalah :: Jenis Makalah

Pengertian Makalah

Setelah kita mampu menulis Artikel tahap selanjutnya kita adalah menyusun makalah sebagai Karya Ilmiah Mari kita bahas Pengertian Makalah dan Jenis Makalah ,namun kita harus tahu terlebih dahulu Pengertian makalah.
Pengertian Makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif. Makalah tersebut ditulis untuk disajikan dalam forum ilmiah atau tugas-tugas terstruktur. Makalah merupakan salah satu jenis karangan yang memiliki ciri atau sifat ilmiah yaitu: objektif, tidak memihak, berdasarkan fakta, sistematis, dan logis.Nah akhirnya kita mengerti akan pengertian makalah.

Kriteria Makalah

Kriteria makalah , sebagai suatu karya ilmiah, makalah yang baik atau berkualitas akan dilihat dari kriteria kualitas makalah sebagai berikut :
a.    Signifikansi masalah/topik yang dibahas
b.    Kejelasan tujuan pembahasan
c.    Kelogisan pembahasan, dan
d.    Kejelasan pengorganisasian pembahasannya

http://teorisekolah.com/pengertian-makalah-jenis-makalah/

Jenis Makalah

1. Jenis makalah deduktif
Makalah dedukatif  merupakan makalah yang tulisannya didasarkan pada kajian teoretis (pustaka yang relevan dengan masalah yang dibahas)
2. Jenis makalah induktif
Makalah induktif merupakan makalah yang disusun berdasarkan data empiris, diperoleh dari lapangan yang relevan dengan masalah yang dibahas.
3. Jenis makalah campuran
Makalah campuran merupakan makalah yang penulisannya didasarkan pada kajian teoretis digabung data  empiris yang relevan dengan masalah yang dibahas.

Isi / sistematika penulisan makalah

Isi / sistematika penulisan makalah sebagai karya ilmiah meliputi:
1. Sistematika penulisan makalah  Bagian Awal
Bagian awal mencakup ,Halaman sampul,Daftar isi , dan Daftar tabel dan gambar (jika ada)
2. sistematika penulisan makalah Bagian Inti
Bagian inti mencakup:  Pendahuluan( yang menguraikan tentang: Latar belakang penulisan makalah atau topik bahasan. dan Tujuan penulisan makalah,) Teks utama; dan Penutup .
3. BagianAkhir
Bagian Akhir mencakup: Daftar Rujukan, dan Lampiran (jika ada).

Demikian Pengertian Makalah dan Jenis Makalah yang mampu kami rangkum, semoga bermanfaat .
Terima kasih

Pengertian Makalah :: Jenis Makalah | Angga Prasetya | 4.5