Pengertian Pajak Dan Fungsi Pajak

Pengertian Pajak Secara Umum

Untuk materi IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) kami admin Teori Sekolah akan mengulas sedikit pengetahuan tentang Pajak , apa itu Pengertian Pajak  ?? dan Fungsi Pajak itu apa ??

Pengertian Pajak dan Fungsi Pajak

Pengertian Pajak Secara Umum adalah adalah  iuran  kepada Negara  (yang  dapat  dipaksakan)  yang  terutang oleh  yang  wajib membayarnya menurut peraturan-peraturan dan tidak mendapatkanprestasi-prestasi kembali yang secara langsung dapat ditunjuk. atau Pengertian Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Pengertian Pajak Menurut Ahli

  1. Pengertian Pajak Menurut Ahli Prof.  Dr.  Rochmat  Soemitro,SH  dalam bukunya Mardiasmo “Pajak  adalah  iuran  rakyat  kepada  kasNegara  berdasarkan Undang-undang    (yang    dapat    dipaksakan)    dengan    tiada mendapat  jasa  timbal  (kontra  Prestasi)  yang  langsung  dapat ditunjukkan dan yang digunakan untuk membayar pengeluaran umum.
  2. Pengertian Menurut Ahli  P.  J.  A.  Andriani  dalam  bukunya  Waluyo,“Pajak    adalah    iuran    masyarakat    kepada    Negara    (yangdipaksakan)   yang   terutang   oleh   yang  wajib   membayarnya menurut  peraturan-peraturan  umum  (undang-undang)  dengan tidak  mendapat  prestasi  kembali  yang  langsung  dapat  ditunjuk dan   yang   gunanya   adalah untuk   membiayai pengeluaran-pengeluaran     umum     berhubung     tugas     Negara untuk menyelenggarakan pemerintahan.”

Fungsi Pajak

Fungsi Pajak – Jika kita sudah tahu untuk penjelasan pajak , maka kita akan mengerti akan fungsi pajak tersebut , namun disini akan kami lampirkan fungsi pajak menurut Mardiasmo

  1. Fungsi Pajak anggaran (budgetair)sebagai sumber dana bagi pemerintah, untuk membiayai pengeluaran-pengeluarannya.
  2. Fungsi mengatur (regulerend) sebagai   alat   pengatur atau melaksanakan pemerintah dalam bidang sosial ekonomi.

Demikian sedikit artikel untuk penjelasan Pengertian Pajak dan Fungsi Pajak yang mampu kami rangkum , untuk informasi lain tentang Pengertian Hukum bisa di Teori Sekolah , semoga bermanfaat. Terima kasih.

Pengertian Pajak Dan Fungsi Pajak | Angga Prasetya | 4.5