Pengertian Perjanjian Internasional

Pengertian Perjanjian Internasional Secara Umum

Jika anda sudah mengetahui Definisi Hukum , Definisi Hukum Internasional maka kali ini admi Teori Sekolah akan mengulas tentang Perjanjian Internasional.

Perjanjian internasional

Perjanjian Internasional adalah sebuah perjanjian yang dibuat di bawah hukum internasional oleh beberapa pihak yang berupa negara atau organisasi internasional. Sebuah perjanjian multilateral dibuat oleh beberapa pihak yang mengatur hak dan kewajiban masing-masing pihak. Perjanjian bilateral dibuat antara dua negara. Sedangkan, perjanjian multilateral adalah perjanjian yang dibuat oleh lebih dari dua negara.( wikipedia )

Definisi Pengertian Perjanjian Internasional Menurut Ahli dan Undang – Undang (UU)

  1. Pengertian Menurut Ahli Mochtar Kusumaatmadja adalah perjanjian yang
    diadakan   antara   anggota   masyarakat   bangsa-bangsa   dan   bertujuan   untuk
    mengakibatkan akibat-akibat hukum tertentu.
  2. Pengertian Menurut Pasal 1 huruf (a) Undang-undang Nomor 24 Tahun 2000 adalah  perjanjian  dalam  bentuk  dan  nama  tertentu,  yang  diatur  dalam  Hukum Internasional yang dibuat secara tertulis serta menimbulkan hak dan kewajiban dibidang hukum publik.
  3. Pengertian Menurut Pasal 2 Konvensi Wina 1969,“Suatu persetujuan yang dibuat antara negara dlam bentuk tertulis dan diatur oleh HI,  apakah dalam instrumen tunggal atau dua atau lebih instrumen yang  berkaitan dan apapun nama yang  diberikan padanya”

Demikian sedikit artikel tentang Pengertian Perjanjian Internasional  yang dapat kami rangkum, semoga bermanfaat . Terima kasih.

Pengertian Perjanjian Internasional | Angga Prasetya | 4.5