Pengertian Sejarah Dan Metode Sejarah

Pengertian Sejarah Dan Metode Sejarah

Pengertian Sejarah  adalah  peristiwa  di  masa  lalu yang  bisa  dikaji  melalui  fakta-fakta  yang ada  pada  saat  peristiwa  tersebut terjadi. Kepustakaan sendiri berupa buku-buku yang dapat
dijadikan acuan dalam  menulis  sebuah  tulisan  atau  karya  ilmah,  kajian  pustaka  sendiri
alangkah  baiknya  harus  sesuai  dengan  kajian  yang  akan  ditulis  dalam suatu   penelitian.  Studi   kepustakaan   adalah   teknik   pengumpulan   data dengan   mengadakan   studi   penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur,catatan-catatan,   dan   laporan-laporan   yang   ada   hubungannya dengan masalah yang dipecahkan.

Definisi Sejarah

Pengertian Sejarah

Pengertian Sejarah – Sampai Bapak Soekarno Presiden pertama RI berpidato Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah atau disingkat “Jasmerah” adalah semboyan yang terkenal yang diucapkan oleh Soekarno, dalam pidatonya yang terakhir pada Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1966.

Metode Sejarah Dalam Berbagai Pengertian Sejarah

Metode Sejarah – Langkah dalam metode sejarah antara lain ,

  1. Metode Sejarah Heuristik ,Pengertian sejarah Heuristik  merupakan  tahap  awal  ketika  akan  menulis  karya  ilmiah. Heuristik   merupakan   proses   yang   dilakukan   seorang   peneliti   dalam mengumpulkan  rekam  jejak  kejadian  yang  ada  di  masa  lalu  yang  juga disebut  sebagai  data  sejarah.
  2. Metode Sejarah Verifikasi / Kritik Sumber ,Dalam penulisan sejarah, sumber yang didapat harus diuji
    kebenarannya, disini sejarawan dihadapkan pada kebutuhan untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah, mana yang mungkin dan tidak mungkin, disini sangat diperlukan dikarenakan untuk membuktikan ke aslian dari sumber yang sudah didapat.
  3. Metode Analisis Sumber /Interpretasi , interpretasi adalah menafsirkan fakta-fakta yang telah diuji kebenarannya, kemudian menganalisa sumber yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu rangkaian peristiwa. Tahap ini penulis dituntut untuk mencermati dan mengungkapkan data-data yang telah diperoleh, agar tulisan sejarah nantinya bersifat obyektif dan menghindarkan penulis pada subjektivitas dalam kajian sejarah.
  4. Metode Penulisan Sejarah / Historiografi , Historiografi merupakan  tahap  akhir  dalam  penulisan  sejarah. Pada  tahap  ini  penulisan  sejarah. Historiografi  merupakan  kegiatan
    penyampaian  sintesis  dari  penelitian  yang  ditulis  secara  kronologis. Historiografi   merupakan   kegiatan   menyusun   fakta-fakta   menjadi sebuah  kisah sejarah  setelah  melakukan  pencarian  sumber,  penilaian sumber  dan  penafsiran  sumber  yang  kemudian  dituangkan  menjadi sebuah  kisah  sejarah  dalam  bentuk  tulisan.

Jadi setalah kita paham pengertian sejarah dan metode sejarah , pengertian sejarah dalam Menulis  sejarah  kita mengembangkan  ide-ide  yang  telah  didapat  agar menghasilkan  suatu sintesis dari seluruh hasil penelitiannya dalam suatu tulisan yang utuh. Demikian sedikit artikel tentang Pengertian Sejarah dan Metode Sejarah , semoga bermanfaat . Terima kasih.

Pengertian Sejarah Dan Metode Sejarah | Angga Prasetya | 4.5