Pengertian Stress Dalam Belajar :: Sumber Stress

Pengertian Stress Dalam Belajar

Mungkin kita sudah mengerti tentang Pengertian Belajar dan Pengertian Prestasi Belajar , namun dalam belajar ada tingkat kejenuhan atau stress tersenderi mari kita simak definisi atau Pengertian stress dalam belajar berikut.

Stress dalam belajar

Definisi Stress

Pengertian Stress Dalam Belajar secara umum adalah suatu  responberupa  psikologis, fisik,pikiran, dan perilakuyang  dialami  oleh  seseorang ketika  ada  tekanan-tekanan dan  ketidaknyamanan   saat   belajar.   Tekanan-tekanan   yang dimaksud   adalah   berhubungan   dengan   belajar   dan   kegiatan   sekolah,misalnya  saja  tenggat  waktu  PR,  saat  menjelang ujian,  dan  hal-hal  yang lain yang berkaitan dengan belajar.

Pengertian Stress Menurut Ahli

  1. Pengertian Stress Menurut Ahli Peter  Tyer adalah  perasaan  tidak  enak  yang disebabkan oleh persoalan-persoalan di luar kendali kita. Batasan ini hanya menyinggung  dua pandangan  umum  tentang  stres  yang  hampir  universal,yaitu bahwa stres itu tidak menyenangkan dan hal itu terjadi pada diri kita,serta kita sendiri hampir tak dapat melakukan apapun terhadapnya.
  2. Pengertian Stress Menurut Ahli Richard  S.  Lazarus(James Manktelow,)mengungkapkan bahwa stres  adalah suatu kondisi atau perasaan yang  dialami  ketika  seseorang  menganggap  bahwa   “tuntutan-tuntutan melebihi sumber daya sosial   dan   personal   yang mampu dikerahkan seseorang.
  3. Pengertian Stress Menurut Ahli Sarafino  (Bart  Smet) mendefinisikan  stres sebagai  suatu  kondisi  disebabkan  oleh  transaksi  antara  individu  dengan lingkungan  yang menimbulkan  persepsi  jarak  antara  tuntutan-tuntutan yang  berasal  dari  situasi  dengan  sumber-sumber  daya  sistem  biologis,psikologis  dan  sosial  dari  seseorang.

Sumber Stress Dalam Belajar

Sumber Stress ini dibagi menjadi dua bagian sumber stress dalam belajar internal dan sumber stress dalam belajar eksternal :

  1. Sumber  stres dalam belajar yang  berasal  dari internal yaitu bersumber dari diri sendiri
    terdiri dari kepribadian individu, keyakinan individu, dan pikiran-pikiran negatif dalam diri individu.
  2. Sumber  stres belajar  eksternal  yaitu berasal  dari  lingkungan  sekitar  individu,  yaitu  berupa  tugas-tugas sekolah,  hubungan  interpersonal  guru,  guru  dan  siswa,  siswa  dan
    orang tua, serta lingkungan fisik di sekitar siswa.

Demikian sedikit makalah tentang Pengertian Stress Dalam Belajar Dan Sumber Stress yang dirangkum team Teori Sekolah , semoga bermanfaat. Terima kasih.

Pengertian Stress Dalam Belajar :: Sumber Stress | Angga Prasetya | 4.5