Pengertian Teks Anekdot Dan Strukturnya

Pengertian Anekdot Secara Umum

Jika kemarin admin Teori Sekolah sempat membahas Teks Eksposisi , Contoh Majas , Contoh Puisi , Contoh Parikan , Contoh Wangsalan ,Contoh Geguritan , Contoh Cerpen , mari kita simak materi ini. Pengertian Teks Anekdot Secara Umum adalah sebuah teks yang berisi pengalaman seseorang yang tidak biasa, yang disampaikan dengan tujuan untuk menghibur pembaca maupun pendengar.

Teks Anekdot

Pengertian Istilah ini telah  muncul  dalam  pembelajaran bahasa  Inggris kurikulum  2004.  Tersebut  dalam  kurikulum  2004  bahwa jenis anekdot  telah dipelajari  sejak  kelas  VIII  Sekolah  Menengah  Pertama.  Kurikulum tersebut menyatakan bahwa anekdot bertujuan untuk menceritakan suatu kejadian yang tidak  biasa  dan  lucu.  Sementara  itu  munculnya  teks  anekdot sebagai  teks yang diajarkan  dalam  mata  pelajaran  BahasaIndonesia  baru disampaikan  secara tersurat dalam Kurikulum 2013.

Pengertian Anekdot Menurut Ahli

  1. Pengertian Anekdot  Menurut Ahli Wachidah  jika  dilihat  dari tujuannya  untuk memaparkan  suatu  kejadian  atau  peristiwa  yang  telah  lewat anekdot  mirip  dengan  teks recount.
  2. Pengertian Menurut Ahli Dananjaja berpendapat  bahwa  anekdot  adalah  kisah  fiktif  lucu  pribadi  seorang  tokoh atau  beberapa  tokoh  yang benar-benar ada.
  3. Pengertian Menurut Ahli Gerot dan Wignell dalam Wachidah Pengalaman  yang  tidak  biasa  tersebut  disampaikan  kepada  orang  lain dengan  tujuan  untuk  menghibursi  pembaca.  Teks  Anekdot disebut pula dengan cerita  jenaka.  Pada umumnya teks  anekdot  terdiri  dari lima  bagian  atau  struktur generik.  Lima  bagian  tersebut  antara  lain abstract,  orientation,  crisis,  reaction, dan coda.
    .

Struktur Anekdot

Struktur Teks Anekdot yaitu :

  1. Abstraksi adalah  Bagian di awal paragraf yang berfungsi memberi gambaran tentang isi teks secara umum.
  2. Orientasi adalah Bagian yang menunjukkan awal kejadian cerita atau latar belakang bagaimana peristiwa terjadi.
  3. Krisis adalah Bagian dimana terjadi hal atau masalah yang unik atau tidak biasa yang terjadi pada si penulis.
  4. Reaksi adalah Bagian bagaimana cara penulis atau orang yang ditulis menyelesaikan masalah yang timbul dibagian krisis tadi.
  5. Koda adalah Bagian terakhir dari cerita unik tersebut.

Demikian sedikit artikel tentang Pengertian Teks Anekdot dan Struktur Teks Anekdot , semoga bermanfaat . Terima kasih.

Pengertian Teks Anekdot Dan Strukturnya | Angga Prasetya | 4.5