Pengertian Uang :: Fungsi Uang

Pengertian Uang

Pengertian Uang – Pada zaman sekarang kita tidak bisa lepas dari uang,walaupun sudah ada toko online , atau layanan yang kita membeli barang tanpa mengeluarkan uang hanya dengan cara mentransfer melalui internet banking , dsbnya Sebenarnya apa sih Pengertian Uang itu sendiri , mari kita simak Pengertian Uang berikut ini

Pengertian Uang dan Fungsi Uang

  1. Pengertian uang dalam ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Uang seperti ini disebut Uang Barang.
  2.  Pengertian uang ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya bahkan untuk pembayaran hutang. Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran.

Pengertian Uang – Dan uang sendiri dalam ekonomi memeliki fungsi uang asli , Fungsi uang turunan dan Fungsi uang dinamis . Fungsi uang, berarti kegunaan uang itu bagi setiap orang, organisasi atau masyarakat yang memilikinya.

Pengertian Uang Dalam Fungsi Uang Asli ( Primer )

  1. Uang sebagai alat tukar umum (medium of change)
    Uang dapat mempermudah pertukaran barang dan jasa, serta memperlancar perekonomian. Jadi, uang dapat ditukarkan dengan berbagai jenis barang/jasa yang diperlukan secara mudah.
  2. Uang sebagai alat satuan hitung (unit of account) atau pengukur nilai (standard of value)Satuan hitung adalah nilai suatu barang dan jasa yang dinyatakan dengan uang. Sebagai satuan hitung berarti uang dipergunakan sebagai alat untuk menunjukkan nilai barang dan jasa yang diperjualbelikan di pasar dan besarnya kekayaan yang bias dihitung berdasarkan penentuan harga barang tersebut. Atau bahwa uang itu dipakai sebagai satuan nuntuk mengukur nilai tukar atau harga barang.

Pengertian Uang Sebagai Fungsi Uang Turunan ( Sekunder )

  1. Uang sebagai alat pembayaran yang sah (means of payment)
  2. Uang sebagai alat untuk menabung
  3. Uang sebagai alat menimbun kekayaan (store value)
  4. Uang sebagai alat untuk menciptakan kesempatan kerja.
  5. Standar pembayaran utang (standard of deffered payment)
  6. Penunjuk harga
  7. Alat pembentuk modal.

Fungsi Uang Dinamis

Uang dapat menentukan kegiatan perekonomian terutama dalam kegiatan moneter dan fiskal di
mana kebijakan yang dapat ditempuh oleh suatu negara maupun oleh seseorang kadang-kadang dipengaruhi oleh beredarnya uang di masyarakat,sehingga pada gilirannya akan timbul kecenderungan-kecenderungan terhadap pengaruh naiknya barang-barang atau sebaliknya mungkin akan berakibat turunnya harga barang-barang tersebut. Sebagai contoh, kebijakan pemerintah dalam bidang moneter dan fiskal untuk mengatasi inflasi jelas sebagai akibat dari pengaruh uang secara dinamis,yang mengakibatkan harga-harga barang kebutuhan pokok naik secara drastis. Sebaliknya,pemerintah akan melakukan kebijakan terhadap arus beredarnya barang atau jasa di masyarakat.Dengan demikian, pemerintah selalu berupaya
menstabilkan lalu lintas uang dan barang agar dampak negatif dari fungsi uang secara dinamis
dapat digunakan sebagai salah satu derajat perkembangan perekonomian bangsa secara positif.

Demikian sedikit artikel tentang Pengertian Uang dan Fungsi Uang yang dapat kami rangkum, semoga bermanfaat . Terima kasih

 

 

Pengertian Uang :: Fungsi Uang | Angga Prasetya | 4.5