Perkembangan Seksual Dan Fase Seksual

Perkembangan Seksual Remaja ( Pria dan Wanita )

Masa remaja menurut Mappire (Muhamad Ali, dkk) berlangsung antara umur 12 tahun sampai dengan 21 tahun bagi wanita dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun bagi pria. Pada masa ini, ciri yang paling menonjol adalah perkembangan biologis yang ditandai dengan perkembangan seksual. Yang kita tahu bahwa masa remaja adalah masa peralihan masa kanak-kanak ke masa dewasa.

Perkembangan seksualitas pria dan wanita

Perkembangan seksual remaja dibagai menjadi dua yaitu perkembangan seksualitas primer dan sekunder. Perkembangan seksual primer merupak perkembangan pada organ tubuh yang
langsung berhubungan dengan pertumbuhan reproduksi, sedang tanda-tanda perkembangan seksual sekunder yaitu menunjukan tanda-tanda khas sebagai laki-laki dan perempuan.

Fase Seksual Remaja ( Pria dan Wanita )

Fase Seksual Remaja dibedakan menjadi fase pra remaja, fase remaja awal, fase remaja menengah, dan fase remaja akhir .

Berikut Fase Seksual Remaja

  1. Fase Seksual Pra remaja, di mana berusia sekitar 10 hingga 13 tahun. Soetjaningsih menyebutkan ciri-ciri perkembangan seksual pada masa ini yaitu perkembangan fisik yang masih tidak banyak beda dengan sebelumnya. Andaikan ada perubahan fisik, maka perubahan tersebut masih
    amat sedikit dan tidak mencolok.
  2. Fase Seksual Remaja awal, pada masa ini remaja sudah mulai tampak ada perubahan fisik yaitu fisik sudah mulai matang dan berkembang.
  3. Fase Seksual Remaja menengah, para remaja sudah mengalami pematangan fisik secara penuh yaitu anak laki-laki sudah mengalami mimpi basah sedangkan anak perempuan sudah mengalami haid.
  4. Remaja akhir, sudah mengalami perkembngan fisik secara penuh sudah menjadi orang dewasa. Mereka telah mempunyai perilaku seksual yang sudah jelas dan mereka sudah mulai mengembangkannya dalam bentuk pacaran.

Demikian sedikit ulasan artikel tentang Perkembangan Seksual Dan Fase Seksual pada remaja , semoga bermanfaat. Terima kasih.

Perkembangan Seksual Dan Fase Seksual | Angga Prasetya | 4.5