PERPUSTAKAAN :: Pengertian Perpustakaan Sekolah

Pengertian Perpustakaan Sekolah – Pada kesempatan kali ini saya admin dari Teori Sekolah akan berbagi materi mengenai pengertian perpustakaan. Enyia (2002: 91), menyatakan Every library is built on a tripod structure: buildings, holdings, and personel. But the force that binds and sustainsthe tripod is fnance.

Pengertian Perpustakaan Sekolah

 Pengertian Perpustakaan Sekolah

Sebuah perpustakaan dibangun atas 3 pilar, yaitu: bangunan, koleksi, materi dan personalia (pustakawan). Namun, perlu diketahui bahwa kekuatan utamannya terletak pada keuangannya atau pendanaannya.

Pengertian Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan diartikan sebah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca bukan untuk dijual ( Basuki, sulistyo ; 1991 ).
Pengertian perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada dalam suatu sekolah yang kedudukan dan tanggung jawabnya kepada kepala sekolah yang melayani kegiatan belajar mengajar di sekolah yang bersangkutan. Perpustakaan sekolah ialah perpustakaan yang ada dilingkungan sekolah, baik sekolah dasar, maupun sekolah lanjutan baik sekolah umum atau sekolah kejuruan (Rusina, 2004: 4). Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang ada disekolah sebagai sarana pendidikan untuk menunjang pencapaian tujuan pendidikan prasekolah, pendidikan dasar dan pendidikan menengah (Meilina Bustari, 2000: 6).

Pendapat di muka dapat disimpulkan bahwa perpustakaan sekolah merupakan suatu unit kerja untuk menyimpan, mengumpulkan dan memelihara koleksi bahan pustaka agar koleksi bahan pustaka itu dapat digunakan oleh para pemakai sebagai sumber informasi disekolah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa maksud perpustakaan sekolah adalah menyediakan tempat untuk bank ilmu pengetahuan atau informasi, tempat pengumpulan, menyimpan, memelihara bahan pustaka serta memberi pelayanan kepada para pemakai yang membutuhkan informasi. Tentu saja jika perpustakaan sekolah berada di lingkungan sekolah, penanggung jawabnya adalah kepala sekolah, sedangkan pengelolanya biasanya guru atau guru-guru dan pegawai yang ditugaskan.

Pembinaan dan pengembangan perpustakaan sekolah yang meliputi koleksi sarana dan prasarana, perabot dan perlengkapan serta pembiayaan menjadi wewenang dan pertanggung jawab kepala sekolah. Sekolah dapat bekerja sama dengan komite sekolah dan pihak lain dalam pengelolaan dan pembinaan perpustakaan tersebut. Sedangkan pemakainya adalah para siswa dan guru. Dengan demikian tugas tugas pokok dari perpustakaan sekolah adalah menunjang proses pendidikan dengan menyediakan bahan-bahan bacaan yang sesuai dengan kurikulum sekolah dan ilmu pengetahuan tambahan yang lain, agar proses pendidikan dapat berlangung lancar dan berhasil baik (Sutarno NS, 2004: 32).

Macam-macam Perpustakaan

Teknis perpustakaan yang ada di Indonesia tidak jauh berbeda dengan perpustakaan yang ada di seluruh dunia. Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tertanggal 11 Maret No.0103/0/1981 dalam Larasati Milburga, dkk (1994: 33-34) disebutkan bahwa jenis-jenis perpustakaan meliputi Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Wilayah, Perpustakaan Umum, Perpustakaan Keliling, Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Perguruan Tinggi, dan Perpustakaan Khusus atau Dinas.

Perpustakaan Nasional adalah perpustakaan yang diselenggarakan oleh negara pada tingkat nasional. Perpustakaan ini merupakan tempat untuk mendokumentasikan seluruh penerbitan yang dilakukan oleh negara yang bersangkutan. Perpustakaan wilayah berkedudukan di Ibu Kota Propinsi sebagai pusat kerja sama antar perpustakaan di wilayah propinsi menyimpan koleksi bahan koleksi bahan pustaka yang menyangkut propinsi, semua terbitan di wilayah perpustakaan umum, menjadi pusat kegiatan belajar, pelayanan informasi, penelitian dan rekreasi bagi seluruh lapisan masyarakat, meliputi perpustakaan umum Daerah tingkat II di Ibu Kota Kabupaten atau Kotamadya atau di tingkat bawahnya.

Perpustakaan keliling berfungsi sebagai perpustakaan umum yang melayani masyarakat yang tidak terjangkau oleh pelayanan perpustakaan umum, dengan mengunjungi pusat pemukiman masyarakat. Perpustakaan Sekolah, berfungsi sebagai pusat kegiatan belajar mengajar, pusat penelitian sederhana, pusat membaca untuk menambah ilmu pengetahuan dan rekreasi. Perpustakaan Perguruan Tinggi, berfungsi sebagai sarana kegiatan belajar mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Perpustakaan Khusus atau Dinas, berfungsi sebagai pusat rekreasi dan penelitian serta sarana untuk memperlancar pelaksanaan tugas instansi atau lembaga yang bersangkutan.

Perpustakaan merupakan unit kerja yang menyelenggarakan suatu kegiatan didalam sekolah atau masyarakat tersebut. Adapun tujuanya agar dapat menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah atau pendidikan formal tersebut, baik itu SD, SMP, maupun sekolah lanjutan.

Manfaat dan Fungsi Perpustakaan

Menurut Ibrahim Bafadal (1992: 5-6) manfaat perpustakaan sekolah sangat
banyak, diantaranya adalah dapat:

  1. Menimbulkan kecintaan murid-murid terhadap membaca
  2. Memperkaya pengalaman belajar murid-murid
  3. Menanamkan kebiasaan belajar mandiri murid-murid
  4. Melatih murid-murid ke arah tanggung jawab
  5. Mambantu perkembangan kecakapan berbahasa
  6. Mempercepat proses penguasaan teknik membaca
  7. Memperlancar murid-murid menyelesaikan tugas sekolah
  8. Membantu guru-guru menemukan sumber belajar

Manfaat perpustakaan tersebut bisa tampak bila benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses belajar mengajar sekolah. Indikasi manfaat itu tidak hanya berupa tingginya prestasi para siswa, tetapi lebih jauh para siswa mampu mencari, menemukan, menyaring dan menilai informasi, para siswa terbiasa belajar mandiri, terlatih  tanggung jawab,  serta  selalu  dapat mengikuti perkembangan  ilmu pengetahuan dan teknologi serta yang lainnya.

Nah itulah materi mengenai pengertian perpustakaan menurut beberapa ahli.  Semoga bermanfaat!!

PERPUSTAKAAN :: Pengertian Perpustakaan Sekolah | Angga Prasetya | 4.5