Perpustakaan Sekolah : Pengertian Dan Definisi

Perpustakaan Sekolah : Pengertian Dan DefinisiPerpustakaan merupakan sumber informasi dari manapun dan dimanapun, terutama di dalam dunia pendidikan termasuk dalam sekolah perpustakaan di sebut-sebut sebagai jantungnya sebuah universitas. Namun tak hanya di universitas saja yang memerlukan sebuah perpustakaan, dari yang sekolah dasar harus wajib ada perpustakaan yang dinamakan perpustakaan sekolah. Pada kesempatan ini Giripustaka ingin membahas sedikit hal itu.

 

Perpustakaan Sekolah : Pengertian Dan Definisi

Perpustakaan Sekolah : Pengertian Dan Definisi

Pengertian Perpustakaan Sekolah
Secara umum yang disebut perpustakaan sekolah yaitu sebuah perpustakaan yang berada di sekolah, dalam pelayananya terbatas oleh pelajar yang berada di sekolah yang bersangkutan. Namun dai pengertian lain menurut Sulistyo-Basuki (1994) adalahperpustakaan yang berada di sekolah dengan fungsi utama membantu tercapainya tujuansekolah serta dikelola oleh sekolah yang bersangkutan. Sedangkan menurut Standar Nasional Indonesia untuk Perpustakaan Sekolah (SNI7329-2009), pengertian perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada padasatuan pendidikan formal di lingkungan pendidikan dasar dan menengah yang merupakanbagian integral dari kegiatan sekolah yang bersangkutan, dan merupakan pusat sumberbelajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan.

Perpustakaan Sekolah : Pengertian Dan Definisi

Fungsi Perpustakaan Sekolah
1.    Fungsi Edukatif.
Fungsi edukatif adalah perpustakaan menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum yang mampu membangkitkan minat baca para siswa, mengembangkan daya ekspresi, mengembangkan kecakapan berbahasa, mengembangkan daya pikir yang rasional dan kritis, serta mampu membimbing dan membina para siswa dalam hal cara menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
2.    Fungsi Informatif.
Fungsi  informatif adalah perpustakaan menyediakan bahan pustaka yang memuat informasi tentang berbagai cabang ilmu pengetahuan yang bermutu dan uptodate yang disusun secara teratur dan sistematis, sehingga dapat memudahkan para petugas dan pemakai dalam mencari informasi yang diperlukannya.
3.    Fungsi Administratif
Fungsi administratif adalah perpustakaan harus mengerjakan pencatatan, penyelesaian dan pemrosesan bahan-bahan pustaka serta menyelenggarakan sirkulasi yang praktis, efektif, dan efisien.
4.    Fungsi Rekreatif.
Rekreatif adalah perpustakaan disamping menyediakan buku-buku pengetahuan juga perlu menyediakan buku-buku yang bersifat rekreatif (hiburan) dan bermutu, sehingga dapat digunakan para pembaca untuk mengisi waktu luang, baik oleh siswa maupun oleh guru.
5.    Fungsi Penelitian.
Fungsi penelitian ialah perpustakaan menyediakan bacaan yang dapat dijadikan sebagai sumber/ obyek penelitian sederhana dalam berbagai bidang studi bagi siswa.

Perpustakaan Sekolah : Pengertian Dan Definisi

Jenis Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan Sekolah Dasar, yaitu perpustakaan yang berada di sekolah dasar (SD) perpustakaan di SD merupakan salah satu perpustakaan yang memprihatinkan dari isi perpustakaan termasukkoleksi, ruangan, petugas dan pengguna yang belum memanfaatkan perpustakaan secara sepenuhnya.
Perpustakaan Sekolah Lanjutan, yaitu perpustakaan yang berada di sekolah SMP, SMA dan yang sederajat. pada sekolah ini perpustakaan mulai memiliki gedung sendiri dan sedikit banyak pemanfaatnya sudah di perhatikan.
Perpustakaan Pondok Pesantren, yaitu perpustakaan di dalam kawasan pesantren  yang penggunaanya di tujukan untuk siswa dan guru di pesantren tersebut.
Perpustakaan Sekolah Minggu, yaitu perustakaan yang berada di dalam sekolah yang berpendidikan nonformal untuk pelajaran agama yang di selenggarakan oleh gereja protestan.koleksi dalam perpustakaan ini menyediakan buku bacaan bertemakan agama yang di tujukan untuk anak-anak usia 5-15 tahun.
Demikian sedikit informasi mengenai Perpustakaan Sekolah : Pengertian Dan Definisi. Semoga bermanfaat, Terimakasih.

 

Perpustakaan Sekolah : Pengertian Dan Definisi | Angga Prasetya | 4.5