Pranata Sosial :: Fungsi Pranata Sosial

Pengertian Pranata Sosial

Pengertian nya adalah  suatu  sistem  tata  kelakuan dalam hubungan yang berpusat kepada aktivitas-aktivitas   untuk   memenuhi   berbegai kebutuhan  khusus  dalam  masyarakat.  Pranata  sosial  berasal  dari  bahasa asing social  institution.  Pengertian lain yaitu suatu sistem norma untuk mencapai suatu tujuan atau kegiatan yang oleh masyarakat dipandang penting atau pengertian lain adalah sistem hubungan sosial yang terorganisir yang mewujudkan nilai-nilai serta prosedur umum tertentu untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat.

Ciri-Ciri Pranata Sosial

Jadi dapat disimpulkan dari pengertian tersebut merupakan bangunan dari seperangkat peranan dan aturan-aturan tingkah laku yang terorganisir. Dengan ciri-ciri antara lain :
1. Memiliki lambang-lambang/ simbol.
2. Memiliki tata tertib dan  tradisi.
3. Memiliki satu atau beberapa tujuan.
4. Memilki nilai.
5. Memiliki usia  lebih lama (tingkat kekelan tertentu).
6. Memiliki alat kelengkapan

http://teorisekolah.com/pranata-sosial-fungsi-pranata-sosial/

Fungsi Pranata Sosial

Secara umum Fungsi nya antara lain:
a. Fungsi Memberikan pedoman kepada  anggota  masyarakat  dalam  hal bertingkah    laku    dan  bersikap dalam menghadapi  masalah kemasyarakat.
b. Fungsi Menjaga integrasi dan keutuhan masyarakat
c. Fungsi Memberikan   pegangan   kepada   masyarakat   untuk   mengadakan sistem pengendalian sosial, artinya sistem pengawasan masyarakat terhadap tingkah laku anggota-anggotanya.

Tujuan  utama  diciptakan adalah  agar  kebutuhan  hidup manusia   dapat   terpenuhi   secara   memadai,   juga   sekaligus  untuk mengatur  agar  kehidupan  sosial  warga  masyarakat  dapat  berjalan dengan tertib dan lancar sesuai dengan norma-norma sosial.

Demikian sedikit seputar artikel Fungsi Pranata Sosial yang dapat kami rangkum. Terima kasih.

Pranata Sosial :: Fungsi Pranata Sosial | Angga Prasetya | 4.5