Sistem Hukum Internasional Dan Asasnya

Pengertian Sistem Hukum Internasional

Jika kemarin kami sempat membahas tentang Pengertian Hukum , Pengertian Hukum Pidana , mari kita simak materi Sistem Hukum Internasional ini , sebagai memnambah wawasan atau sebagai materi siswa .

Hukum Internasional

Pengertian Sistem Hukum Internasional adalah adalah kesatuan dari keseluruhan kaidah dan asas yang mengatur hubungan atau persoalan yang melintasi batas-batas negara antara Negara dengan negara, dan Negara dengan subjek hukum lain bukan negara atau subjek hukum bukan negara satu sama lain.

Yang di maksud dengan dalam pembatasan ini adalah” Hukum Internasional Publik” yang harus dibedakam dengan Hukum Perdata Internasional. Jadi, Hukum Internasional secara singkat disebut “Hukum Internasional Publik”. Hukum Internasional Publik adalah keseluruhan kaidah-kaidah dan asas-asas hukum yang mengatur hubungan atau persoalan yang melintasi batas-batas negara/ Hubungan Internasional yang bukan bersifat perdata. Sedangkan, Hukum Perdata Internasional adalah keseluruhan kaidah-kaidah dan asas-asas hukum yang mengatur hubungan perdata yang melintasi batas-batas negara. Dengan perkataan lain, hukum yang mengatur hubungan hukum perdata antara pelaku-pelaku hukum yang masing-masing tunduk pada hukum perdata yang berlainan.

Asas-asas Hukum Internasional

Pengertian asas ini adalah prinsip-prinsip pokok yang terkandung dalam Hukum Internasional,memperhatikan asas-asas sebagai berikut:
1) Asas Teritorial
Asas Teritorial bersifat nasional, yaitu didasarkan pada kekuasaan negara atas daerahnya. Negara melaksanakan hukum bagi semua orang dan semua barang yang ada di wilayahnya.
2) Asas Kebangsaan
Asas ini merupakan asas kekuasaan negara terhadap warga negaranya. Setiap warga negara, di mana saja berada, tetap mendapat perlakuan hukum dari negaranya. Jadi, asas kebangsaan bersifat extraterritorial.
3) Asas Kepentingan umum
Asas ini merupakan asas yang didasarkan pada kewenangan negara untuk melindungi dan mengatur kepentingan dalam kehidupan bermasyarakat.

Demikian sedikit artikel tentang Sistem Hukum Internasional Dan Asas Hukum Internasional yang dapat kami rangkum, semoga bermanfaat . Terima kasih.

Sistem Hukum Internasional Dan Asasnya | Angga Prasetya | 4.5